Tak Pernah Absen, Wayan Suyasa 'Selalu Bares' Bagikan 11 Ton Daging Babi Bagi Warga Sambut Galungan

  02 Januari 2023 TOKOH Badung

Ketua DPD Partai Golkar Badung yang juga Wakil Ketua DPRD Badung, Wayan Suyasa (kiri,baju putih bermotif hitam) membagikan 11 ton daging babi saat hari Penampahan menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Selalu bares, itulah kata yang tepat ditujukan bagi Wayan Suyasa sebagai tokoh Penarungan Mengwi, Badung yang dikenal politisi "super bares". Terbukti dalam membantu warga, Wakil Ketua DPRD Badung itu tidak pernah absen untuk berbagi daging babi saat hari Penampahan menjelang hari raya Galungan.

Hebatnya lagi, dalam pembagian daging babi dari politisi super dermawan Wayan tiap 6 bulan sekali terus bertambah jumlahnya. Jika 6 bulan lalu atau tepatnya Senin (6/6/2022) pihaknya memotong 90 ekor babi yang beratnya sekitar 9 ton untuk dibagikan kepada konstituen atau pemilihnya. Kali ini, untuk meringankan beban warga sambut hari raya Galungan, Wayan Suyasa memotong 110 ekor atau 11 ton daging babi. 

"Sebelumnya 9 ton sekarang nambah lagi menjadi 11 ton atau sekitar 110 ekor babi. Kami harap masyarakat tidak melihat dari segi jumlahnya, tapi bagaimana kami melestarikan budaya dan tradisi menjelang Galungan di mana kita kenal dengan Hari Penambahan Galungan," ucap Wayan Suyasa saat ditemui dalam pembagian daging babi di Kantor DPD Golkar Kabupaten Badung, Senin (2/12/2022).

Foto: Ketua DPD Partai Golkar Badung yang juga Wakil Ketua DPRD Badung, Wayan Suyasa. 

Wayan Suyasa yang digadang-gadang menjadi calon kuat Bupati Badung pada Pemilu 2024 ini mengaku pembagian daging babi kepada masyarakat umum dan pengurus Golkar di wilayah Badung ini bukanlah hal yang luar biasa. Hal ini, kata Wayan Suyasa lantaran hampir tiap enam bulan sekali menjelang Hari Penampahan Galungan pihaknya membagikan daging babi kepada masyarakat luas.

"Ini khan acara rutin enam bulan sekali, yaitu setiap Galungan untuk melestarikan tradisi mepatung dan ini sebagai ucapan rasa syukur dan terima kasih kami," ucap Wayan Suyasa merendah. 
 
Wayan Suyasa sebagai wakil rakyat yang rutin membantu terjun ke masyarakat di Kabupaten Badung ini memang dikenal selalu totalitas dalam setiap gerak aktivitasnya, termasuk perhatiannya kepada konstituen. Terbukti, saat menjelang Hari Raya Galungan, politisi yang dikenal tegas namun santun dan penuh etika dalam bertindak serta berucap ini selalu membagikan daging babi kepada masyarakat maupun kader beringin di "Bumi Keris". 

"Saya sendiri sejak awal menjadi anggota DPRD Badung selama tiga periode sekarang dan dua tahun menjabat Ketua DPD Golkar Badung selalu membagikan daging babi. Kalau sebagai wakil rakyat ini yang ketujuh kali, kalau sebagai ketua partai ini sudah yang keempat kali. Kegiatan ini sebagai wujud apresiasi saya kepada konstituen saya, pemilih saya pada Pileg," ungkap Wayan Suyasa yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Badung.

Lebih jauh, Wayan Suyasa menjelaskan apa yang Ia kerjakan dan sudah rutin setiap Galungan tidak semata-mata dilatarbelakangi oleh kepentingan tertentu apalagi dikatakan unjuk kekuatan politik, kekuatan gerbong Suyasa. Namun menurutnya apa yang Ia lakukan adalah murni bentuk tanggung jawab dirinya sebagai wakil rakyat kepada konstituennya. 

"Ini wujud tanggung jawab moral saya sebagai Ketua Golkar Badung kepada seluruh komponen struktur partai dari tingkat kabupaten hingga ke pengurus desa dan akar rumput. Mari bersama-sama semampu kita, sejauh mana kita bisa meringankan beban masyarakat dan konstituen kita, semoga ada manfaatnya," terang Wayan Suyasa. 

Wayan Suyasa mengaku para konstituennya selama ini telah ikut membantu menggaungkan dan membesarkan Partai Golkar khususnya di Kabupaten Badung. Untuk itu, Suyasa menyadari apa yang Ia sumbangkan ini masih jauh dari kata cukup, namun setidaknya ini dapat sedikit membantu meringankan beban krama Hindu dalam pemenuhan daging babi menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan.

"Saya berharap ke depan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin Pemkab Badung. Kami harap agenda ini bisa menjadi agenda rutin pemerintah untuk melestarikan tradisi dan membantu UMKM terutama peternak babi,” harapnya. 

Politisi murah senyum dan humoris ini menjelaskan, pembagian daging babi setiap Hari Penampahan Galungan telah menjadi agenda rutin dirinya sebagai wakil rakyat. Karya nyata Wayan Suyasa ini juga untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada konstituen dan juga struktur Partai Golkar Kabupaten Badung. 

Wayan Suyasa juga berharap bantuan daging babi secara rutin ini bisa mendekatkan Partai Golkar kepada masyarakat. Apalagi menjelang Pemilu 2024, pihaknya berharap ciri khas Partai Golkar membagikan daging babi ini bisa menjadi pemicu bertambahnya suara partai yang dikomando Airlangga Hartarto di pusat dan Dr. Sugawa Korry di Bali. 

“Mau dibilang pencitraan silahkan, mau dibilang apapun boleh karena dalam dunia politik sah-sah saja orang membahasakan bantuan kami ini. Yang jelas bagi kami, bantuan ini sebagai bentuk apresiasi, penghargaan, dan terima kasih kami kepada masyarakat Badung,” jelas Wayan Suyasa mengakhiri.(BB).