Sudikerta Berbagi Tiga Kunci Sukses

  21 Maret 2016 TOKOH Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

baliberkarya.com- Bicara di hadapan generasi muda pada seminar motivasi, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta berbagi tiga kunci sukses untuk mewujudkan mimpi. 
 
‘Agar berhasil mencapai sukses, generasi muda harus punya tiga modal yaitu kemauan, semangat dan kerja keras,” ujarnya pada Seminar Motivasi dan Talkshow 'Berani Bermimpi Besar' yang digelar Ria Asteria Billionaire Community di Ballroom The Grand Santhi Hotel Denpasar, Minggu (20/3). 
 
Menurut Sudikerta, tiga hal tersebut harus tumbuh dari dalam tiap individu agar lahir generasi yang mandiri dan berkualitas. Penyampaian Sudikerta juga terkait dengan besarnya tantangan yang dihadapi pada era pemberlakuan pasar bebas MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Agar dapat memenangkan persaingan, tak ada pilihan bagi kalangan generasi muda selain terus mengisi diri dengan ketrampilan dan pengetahuan. 
 
"Jangan jadi SDM dengan kualitas asal-asalan. Saya harap kalian terus belajar untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu memenangkan persaingan," ujarnya.  
 
Lebih dari itu, Ketua DPD Partai Golkar Bali itu juga memotivasi kalangan generasi muda agar lebih mandiri dan tak terlalu tergantung dengan pemberian orangtua. Untuk membakar semangat peserta seminar, dalam kesempatan itu Sudikerta juga menceritakan pahit getir pengalaman hidup yang harus dia lalui. 
 
Lahir dari keluarga miskin di kawasan Pecatu, sosok Sudikerta tak pernah kehilangan semangat. Untuk membiayai pendidikannya selepas SD, Sudikerta melakoni berbagai pekerjaan. Mulai dari pengembala sapi, pedagang acung di Kuta, kernet angkutan umum, tukang suwun di Pasar Badung hingga jadi TKI ke Jepang. Kesempatan menjadi tenaga kerja di Jepang membuka peluangnya untuk memulai usaha ekspor barang kerajinan.  
 
Namun usahanya tak berjalan mulus hingga harus banting stir ke usaha properti dan akhirnya terjun ke dunia politik hingga mengantarkannya menduduki jabatan sebagai Wakil Gubernur. Menurut Sudikerta, satu pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidupnya itu adalah semangat kemandirian, pantang menyerah dan bekerja keras
 
Bercermin dari pengalaman hidupnya, dia mengepresiasi langkah Ria Asteria, perempuan muda yang bisa memotivasi rekan sebayanya. Dia berharap, ke depannya akan muncul lebih banyak lagi motivator muda yang dapat memberi inspiratif bagi generasi muda Bali.  (*)