STT Desa Adat Mendoyo Mendominasi Pendaftaran Perlombaan Ogoh-ogoh di Jembrana

  01 Maret 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto: Beberapa STT mulai melakukan pentandatanganan fakta intergritas pencairan dana subsidi pembuatan ogoh-ogoh di Gedung Ir. Sukarno

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Pendaftaran lomba Ogoh-ogoh di Kabupaten Jembrana, Bali telah berakhir dengan hanya 239 Seke Teruna Teruni (STT) dari 284 STT Desa Adat yang mendaftar. Para peserta yang terdaftar akan mendapatkan dana subsidi pembuatan Ogoh-ogoh sebesar Rp. 239 juta rupiah, yang akan dicairkan sebelum perlombaan dimulai.

Dari hasil pantauan media saat kegiatan pentandatanganan integritas pencairan subsidi pembuatan Ogoh-ogoh di Gedung Ir Sukarno, Kelurahan Dauhwaru Kecamatan Jembrana, peserta paling banyak berasal dari Kecamatan Mendoyo sebanyak 80 STT, diikuti oleh Kecamatan Melaya sebanyak 52 STT, Kecamatan Negara 41 STT, Kecamatan Jembrana 34 STT dan peserta terendah dari Kecamatan Pekutatan sebanyak 33 STT.

Menurut Suartana, terkait dengan Tawur Kesangan Penyepian yang jatuh pada tanggal 21 Maret 2023, akan dilaksanakan Pawai Ogoh-ogoh. "Kita menganggarkan dari 284 STT desa adat se Kabupaten Jembrana yang mendaftar hanya sebanyak 239 STT. Terkait teknis pencairan subsidi dana pembuatan Ogoh-ogoh yang besarnya sebanyak sekitar Rp. 2,5 juta rupiah potong pajak, ada 239 STT mendaftar," terangnya.

Setelah dinyatakan pendaftaran final, hari ini dilakukan pentandatangan fakta integritas dan pencairan dana subsidi tersebut. Sehubungan dengan SK bupati yang sudah tertandatangani, hal tersebut mendukung dalam pencairan. "Terkait pelaksanaan pawai Ogoh-ogoh dari 239 STT yang disubsidi dari Pemkab Jembrana, dalam hal ini dari bapak bupati melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Bidang Kebudayaan, disetiap kecamatan akan dibentuk Tim penilai (juri) dari unsur majelis alitan, pemberhati seni dan unsur dinas, untuk menentukan 5 besar terbaik dari kecamatan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dari 5 terbaik kecamatan, akan dinilai pada tanggal 9 dan 10 Maret 2023 oleh tim kabupaten untuk menentukan 3 terbaik per kecamatan. Dari kecamatan di Jembrana, akan ada 15 peserta terbaik yang akan dipentaskan di Catus Pata pada tanggal 21 Maret 2023. Dari 15 peserta terbaik tersebut, akan diberikan dana subsidi dari Pemkab Jembrana untuk dana pementasan seperti ongkos angkut, pakaian, peralatan, dan lain-lain sebesar Rp. 7 juta rupiah.

Lebih jelasnya Suartana mengatakan, untuk dana subsidi tahun lalu sebanyak 1 juta rupiah, tahun ini sudah naik sebanyak 150 persen menjadi Rp. 2 juta rupiah. "Hal tersebut berkat bapak Bupati Jembrana yang sangat memapresiasi kreasi seni anak-anak muda Jembrana. 15 terbaik dsri kecamatan, sudah kita pastikan waktunya pas selesai tawur kesangan tanggal 21 Maret 2023 pada pukul 14.00 wita. Terkait pelepasan ada di sebelah barat Catus Pata tepatnya di Jalan Gayatri ketimur dimulai dari kecamatan terjauh. Per Ogoh-ogoh tampil selama 15 menit," tutupnya. (BB)