Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI, Gus Adhi Selingi Quiz Berhadiah Buat Petani Bangli "Tertawa Senang Bahagia"

  03 Juli 2021 TOKOH Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Anggota Badan Sosialisasi MPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang akrab juga disapa Gus Adhi turun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan dan membumikan Empat Pilar MPR RI.

Kali ini, Gus Adhi hadir mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI di kalangan petani dan tokoh masyarakat di Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Sabtu (3/7/2021) bertempat di bumi perkemahan Bali Woso Upadesa, Desa Pengotan.

Empat pilar yang disosialisasikan Gus Adhi yaitu, Pancasila sebagai Dasar Ideologi Negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali ini yang dikenal gaya bahasa yang ringan nan menghibur dengan candaannya yang khas dan dikemas dalam bentuk Quiz menyebutkan isi teks Pancasila. Hal itu sebagai cara khas Gus Adhi mengedukasi dan menggugah kembali kesadaran petani untuk kembali mengingatkan dan mengimplementasikan penuh esensi Empat Pilar.

Sejumlah petani pun2 disuruh maju kedepan untuk menyebutkan isi teks Pancasila, namun ternyata banyak yang lupa dan tidak mampu menyebutkan kelima sila dari Pancasila dengan benar, tepat dan lengkap. Hal itu tentu saja menimbulkan senyum tawa tersendiri antar para petani yang hadir. Meski mereka salah dan tersimpul malu namun sangat mengibur antar para petani yang hadir.

Namun tentu tidak semua petani lupa ataupun tidak tahun, karena ada juga petani yang masih ingat dan benar mengucapkan kelima sila dari Pancasila yang tentu saja mendapatkan apresiasi dan hadiah khusus dari Gus Adhi yang disamput tepuk tangan sambil tertawa bercampur senang dan bahagia diraut wajah para petani tersebut.

Usai quis berhadiah ini, Gus Adhi kembali menekankan pentingnya semua kalangan, tidak terkecuali para petani agar memegang teguh Pancasila, mengingat isi teks Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai ajaran luhur Pancasila termasuk secara keseluruhan mengenai Empat Pilar MPR RI.

 

Menurutnya, sangat bahaya jika nilai-nilai luhur Pancasila tidak dijalankan dalam keseharian. Gus Adhi memandang jika degradasi moral anak bangsa yang terjadi saat ini juga karena imbas dari mulai dilupakan dan diabaikannya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Untuk itu kita sosialisasi Empat Pilar MPR RI di semua kalangan termasuk di kalangan petani. Ini penting kita hadirkan di petani agar mereka kembali menguatkan nilai-nilai kebangsaan," tutur Anggota Komisi II DPR RI ini.

Ia berharap, petani jangan hanya bisa bertani, mengolah ibu pertiwi tapi harus memegang teguh falsafah bangsa Indonesia Pancasila dan membumikan Empat Pilar MPR RI untuk menjaga ibu pertiwi.

"Walau petani kita harus tetap pegang kuat Empat Pilar dan laksanakan dengan sungguh-sungguh karena itu kekuatan negara," harap Ketua Harian Depinas SOKSI ini.

Gus Adhi menegaskan bangsa dan negara yang kuat adalah yang mampu memegang teguh falsafah negara. Sebaliknya suatu bangsa dan negara bisa hancur berkeping-keping, terpecah belah jika tidak mampu memegang teguh falsafah negara.

Begitu juga jika, Indonesia ingin tetap eksis terus sebagai bangsa dan negara yang kuat, besar dan menjadi negara maju maka harus tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai falsafah negara Indonesia.

"Irak, Libya, Yaman, Syria hancur karena tidak kuat pegang falsafah negaranya. Maka Indonesia harus kuat pegang falsafah negaranya yakni Pancasila. Jangan lagi Pancasila seperti diberikan ke pasar bebas, bisa diadakan bisa tidak," sebut Gus Adhi.

Ketua Depidar Provinsi Bali ini melihat bahwa takdir yang diberikan oleh Tuhan kepada bangsa Indonesia harus diapresiasi semaksimal mungkin. Kemerdekaan Indonesia dari penjajahan selama 360 tahun tidak ada gunanya jika generasi penerusnya tidak bisa menjaga Empat Pilar MPR RI dengan seutuhnya.

Apalagi saat ini, Indonesia sudah memasuki klaster negara maju. Namun majunya negara Indonesia agar tidak seperti bangsa lain yang tidak berpegang teguh pada nilai kebangsaannya. Beberapa negara yang tidak memegang teguh nilai kebangsaan seperti Irak, Libya, Yaman, dan Syiria.

"Mereka dulu adalah negara yang maju. Tatkala mereka tidak mampu memegang kekuatan atau potensi bangsanya, dia hancur seperti sekarang," sebut politisi senior yang dikenal Amanah, Merakyat, Peduli (AMP).

Namun, ada pula negara maju yang bisa memegang kekuatan bangsanya, seperti Amerika Serikat dengan liberalisme, China dengan komunisme dan konfusiusme. Selain itu ada Jepang, Perancis, kemudian ada Arab Saudi dengan islamnya.

"Ini masih survive, masih kuat . Ya karena apa, karena bangsa-bangsa besar itu adalah bangsa yang berpijak pada falsafah bangsanya sendiri," tegas politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini.

Gus Adhi menilai, Indonesia tanpa Pancasila tidak akan pernah bersatu sehingga keberadaannya harus dipertahankan sebagai harga mati. Terlebih di tengah-tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Pancasila masih sangat relevan bagi bangsa Indonesia untuk terus diresapi dan diamalkan. 

Melalui semangat solidaritas yang tercermin dalam sila-sila Pancasila dan melalui gotong royong, masyarakat Indonesia secara proaktif melawan pandemic Covid-19 bersama-sama. Amatra menambahkan situasi saat ini Pancasila ibarat diserahkan ke mekanisme "pasar bebas". 

Berdasarkan hal itu, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) khawatir akan dampak negatifnya jika negara tidak hadir membumikan Pancasila dan menjadikan Empat Pilar sebagai tiang kokoh penyangga bangsa Indonesia.

Apalagi Gus Adhi melihat bahwa MPR mempunyai peran penting sekali dalam hal ini, sehingga harus hadir untuk mengisi kekosongan tersebut. Hal inilah yang juga menjadi dasar bagi Ketua MPR periode 2009-2014 Taufik Kiemas bahwa MPR harus mengisi kekosongan  dengan sosialisasi empat pilar.(BB).