Solusi Atasi Penyakit Bercak Daun Tanaman Padi Tanpa Fungisida Sintetik

  29 November 2022 PENDIDIKAN Badung

Dr. Drs. I Gusti Agung Gede Bawa, M.Si. pada Selasa 29 November 2022 menghadiri SENASTEK 2022 dengan memresentasikan hasil penelitiannya dengan judul “Senyawa Aktif dan Aktifitas Fungisida Ekstrak Kulit Kayu Cempaka Kuning terhadap Jamur Curvularia verruculosa Penyebab Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman Padi”.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Dr. Drs. I Gusti Agung Gede Bawa, M.Si. pada Selasa 29 November 2022 menghadiri SENASTEK 2022 dengan memresentasikan hasil penelitiannya dengan judul “Senyawa Aktif dan Aktifitas Fungisida Ekstrak Kulit Kayu Cempaka Kuning terhadap Jamur Curvularia verruculosa Penyebab Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman Padi”. 

Alumni Program Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Udayana tersebut menjelaskan bahwa melalui penelitian yang dilakukannya dapat ditemukan senyawa baru yang bisa menghambat pertumbuhan jamur Curvularia verruculosa dan harapannya dapat memberikan manfaaat bagi masyarakat khususnya dalam menangani permasalahan penyakit bercak daun yang sangat meresahkan.

Dr. Agung Gede Bawa menambahkan bahwa selama ini masyarakat mengendalikan penyakit bercak daun menggunakan fungisida sintetik yang sebenarnya sangat berbahaya bagi lingkungan, sehingga melalui penelitian ini diharapkan masyarakat dapat mengganti cara pengendalian penyakit bercak daun dengan menggunakan fungisida nabati.

Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) tahun 2022 mengusung tema “Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Inovatif dan Berkelanjutan Menuju Universitas Udayana Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum”.

LPPM Universitas Udayana secara rutin melaksanakan kegiatan SENASTEK sejak tahun 2014 sebagai upaya pengembangan sains dan teknologi melalui sebuah forum akademik yang mendorong desiminasi dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian. Lokasi SENASTEK pada tahun 2022 ini dilaksanakan The Patra Bali Resort & Villas yang beralamat di Jl. Ir. H. Juanda South Kuta Beach, Tuban, Kuta, Badung.

Pada saat ditemui di Ruangan Denpasar 2, Dr. Drs. I Gusti Agung Gede Bawa, M.Si., mengaku telah mengikuti kegiatan SENASTEK untuk ketiga kalinya dan menyampaikan bahwa hal yang paling ditunggu dalam kegiatan ini adalah kehadiran tokoh -tokoh nasional yang dapat memberikan inspirasi bagi dirinya.

Menurutnya pelaksanaan SENASTEK 2022 sudah sangat baik dan berharap kedepannya dapat menghadirkan tokoh – tokoh yang lebih baik lagi untuk dapat memberikan inspirasi.(BB). 

Sumber: https://drive.google.com/drive/u/3/folders/1lUydh4II7IxR8rAzJ8rIYbjEUxJ8P6Lo