Siklus Dasa Warsa, Demer Optimis Golkar Nomor 1 dan 3 Kursi DPR RI Dapil Bali

  04 Februari 2023 POLITIK Denpasar

Foto: Ketua Panitia Rakornis (Rapat Koordinasi Teknis) Pemenangan Pemilu 2024 Partai Golkar yang juga Anggota DPR RI Dapil Bali, Gde Sumarjaya Linggih (GSL) yang akrab disapa Demer.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Ketua Panitia Rakornis (Rapat Koordinasi Teknis) Pemenangan Pemilu 2024 Partai Golkar Gde Sumarjaya Linggih (Demer) menargetkan Partai Golkar keluar sebagai pemenang pada perhelatan Pemilu 2024 di wilayah Bali. Menurutnya, partai berlambang pohon beringin itu sudah dianggap sebagai roh-nya Bali.

"Ini siklus dasa warsa, tahun 2024 Golkar menang di Bali karena kita tahu bahwa nanti Partai Golkar adalah sebenarnya rohnya Bali. Partai yang tidak memihak pada siapa pun. Sama dengan orang Bali yang selalu berada di tengah-tengah, selalu adaptif terhadap perubahan, adaptif terhadap masyarakat, adaptif terhadap tamu. Saya yakin Golkar akan menjadi pilihan bagi orang Bali," kata Gde Sumarjaya Linggih di Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar, Sabtu (4/2/2023).

Politisi kawakan yang kerap disapa Demer ini menyebut sebelas fraksi Partai Golkar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali, NTB dan NTT selama 2 hari telah melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan pembekalan untuk Pemenangan Pemilu 2024 yang suhunya terasa semakin panas. 

Demer berharap seluruh fraksi yang mengikuti Rakornis ini memiliki bekal nanti menghadapi pemilu yang semakin hari kelihatannya semakin panas dan masih banyak berbagai kemungkinan terjadi. Maka dari itu dalam Rakornis berkumpul agar lebih solid dan lebih terkonsolidasi. 

"Nanti turunnya juga membawa bekal keilmuan, membawa teknik maupun teori yang bisa dibawa, dan juga sambil kita menerangkan keberhasilan-keberhasilan Partai Golkar di seluruh Bali-Nusra," sebut Demer. 

Gde Sumarjaya Linggih yang juga kerap disapa GSL ini menerangkan melalui Rakornis ini semua yang menjadi prestasi dari Golkar, pengurus, Ketum Umum Golkar, begitu capaian-capaian dari Negara Indonesia bisa disampaikan kepada masyarakat yang lebih luas. Ia menargetkan tiga kursi legislatif atau anggota dewan dari Partai Golkar untuk di DPR RI Senayan.

"Target kita tiga kursi (DPR RI) di tahun 2024 ini dan saya yakin bisa kita dapatkan," tegas Demer yang dikenal sebagai anggota DPR RI Dapil Bali ini.

Anggota Fraksi Partai Golkar juga menekankan pentingnya keseimbangan politik di dalam alam demokrasi. Demer menilai politik sekarang ini dalam kondisi yang tidak berimbang karena ada mayoritas partai. Baginya, politik yang seimbang menandakan demokrasi yang sehat. 

"Tujuan kita berdemokrasi adalah melakukan kesehatan berpolitik. Artinya partisipasi masyarakat teradopsi. Partai politik di Bali ini tidak berimbang, tidak berjalan Trias Politik-nya. Itu kan amanat Reformasi. Yang kita lakukan sebenarnya adalah karena dulu Golkar melakukan ketidakseimbangan politik menjadi mayoritas. Hingga Golkar akhirnya mereformasi diri," ungkapnya.

Demer mengakui pada zaman Orde Baru (Orba) Partai Golkar selaku partai mayoritas dan pernah terlibat sebagai subyek ketidakseimbangan dalam konstelasi politik di Tanah Air. Untuk itu, Golkar kini tetap pada posisi tidak ingin adanya mayoritas tunggal tapi ingin politik yang lebih sehat yaitu politik keseimbangan.

"Controlling pembangunan, controlling pemerintah (eksekutif), legislatif-nya fungsi kontrolnya jalan, yudikatif-nya jalan, pemerintahnya juga jalan dengan saling mengontrol. Jadi tidak ada lagi yang namanya diktator, tidak ada lagi hal-hal yang seperti dulu yang ditakutkan," tegas Demer mengakhiri.(BB).