SENASTEK 2022, Kadek Agus Presentasikan Penelitian Bali Buga Desa Adat Tenganan Pegringsingan

  29 November 2022 PENDIDIKAN Badung

Penelitian dengan judul Eksplorasi Tektonika Bali Buga Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Karangasem dipresentasikan oleh Kadek Agus Surya Darma S.T., M.T., pada hari pertama kegiatan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) 2022.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Penelitian dengan judul Eksplorasi Tektonika Bali Buga Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Karangasem dipresentasikan oleh Kadek Agus Surya Darma S.T., M.T., pada hari pertama kegiatan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) 2022.

Dosen Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Udayana tersebut menyampaikan hasil penelitiannya yang berupa pengidentifikasian bentuk-bentuk sambungan konstruksi dan jenis-jenis bahan material asli pada bangunan Bale Buga yang merupakan bangunan tradisional Desa Adat Tenganan.

Penelitian ini juga menggambarkan letak perbedaan konstruksi bangunan Bale Buga dengan bangunan di era Bali ketika dibawah pengaruh Majapahit dan era Bali modern, mulai dari elemen pondasi, elemen lantai, elemen dinding, hingga elemen atap.

Kadek Agus Surya Darma S.T., M.T., berharap melalui penelitian yang dilakukannya ini dapat menambah literasi ilmu pengetahuan dengan disebarkan kepada mahasiswa sebagai bahan ajar sehingga diharapkan mahasiswa dapat lebih paham ketika menggambarkan dan membuat miniaturnya.

Penelitian ini juga memiliki manfaat bagi masyarakat secara umum terutama bagi pariwisata Bali dengan memberikan buku atau jejak digital yang menjadi pedoman dalam mempertahankan keaslian identitas bangunan Bale Buga yang memiliki keistimewaan tersendiri dan dapat memberi kontribusi bagi perkembangan wisata heritage di Kabupaten Karangasem.

Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan LPPM Universitas Udayana dalam upaya pengembangan sains dan teknologi melalui forum akademik bagi peneliti dan pengabdi di Indonesia.

Tema yang diangkat pada SENASTEK 2022 yaitu “Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Inovatif dan Berkelanjutan Menuju Universitas Udayana Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum”. SENASTEK tahun 2022 ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada 29 November – 1 Desember 2022 dan berlokasi di The Patra Bali Resort & Villas.

Kadek Agus Surya Darma S.T., M.T., merasa bersyukur dapat berpartisipasi kembali sebagai peserta SENASTEK 2022 untuk yang keempat kalinya. Ia juga menyampaikan hal yang sangat dirindukan dalam kegiatan SENASTEK ini adalah ketika dapat berbagi pengetahuan dengan berbagai peneliti lintas disiplin ilmu sehingga dapat memperkaya wawasan.

Kadek Agus Surya Darma S.T., M.T. berharap kedepannya SENASTEK dapat terus dilaksanakan dengan baik sehingga melalui diseminasi hasil penelitian dapat memberikan refrensi, menambah wawasan serta mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi dan seni dari berbagai lintas disiplin keilmuan.(BB). 

Sumber: https://drive.google.com/drive/u/3/folders/1lUydh4II7IxR8rAzJ8rIYbjEUxJ8P6Lo