Selamatkan UMKM Lokal, Dinas PMD Giring Bumdes MOU Dengan Toko Modern

  09 Januari 2023 EKONOMI Jembrana

Ket poto: Salah satu toko berjejaringan yang ada di Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Isu terkait adanya kerjasama antara pihak toko modern dengan Bumdes disalah satu desa yang ada di Kabupaten Jembrana menyebabkan viral di media sosial. Disisi lain Pemerintah Kabupaten Jembrana sedang menggalakan dan menggiring Bumdes yang ada di desa-desa agar berkerjasama MOU

Keberadaan toko modern yang semakin berkembang dikarenakan dikeluarkannya UU Cipta Kerja oleh Presiden RI itu menjadi modal pengusaha memperluas usahanya. Untuk menyelamatkan usaha mikro kecil dan menengah, Pemerintah Kabupaten Jembrana melakukan MOU dengan pihak toko modern berjejaringan untuk memasarkan produk UMKM lokal di toko tersebut.

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Jembrana I Made Yasa mengatakan, pihaknya mendorong dan menggalakan Bumdes yang ada di desa supaya kerjasama MOU dengan toko modern, supaya produk usaha mikro kecil dan menengah bisa di pasarkan grai-grai toko modern berjejaringan

"Terkait adanya isu di media sosial bahwa ada salah satu Bumdes bekerjasama dengan toko modern itu memang ada. Beberapa sudah MoU, itu yang kita giring memang, dan sudah kami galakkan sekarang, agar produk UMKM masyarakat Jembrana bisa masuk ke toko modern tersebut,"  terangnya. Senin (9/1/2023).

Dirinya menilai kerjasam Bumdes dengan pihak toko modern bisa menyelamatkan usaha mikro kecil dan menproduk UMKM yang ada didesa tersebut, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Jangan sampai keberadaan toko modern justru mematikan UMKM lokal kita, ini harus dimanfaatkan," ujarnya. (BB)