Sekda Serahkan Piala Bergilir Lomba Napak Tilas

  18 November 2022 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Guna mengenang perjuangan pahlawan Bali sekaligus untuk menanamkan jiwa nasionalisme, memupuk kesatuan dan persatuan bangsa, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Sarasehan Hari Puputan Margarana ke-76 Tahun di Halaman Puri Agung Kesiman pada Kamis (17/11) sore.

Sejak sore hari sejumlah pelajar terlihat mengikuti sarasehan dengan tema  "Peringatan hari Puputan ke-76 Tahun  Perang Griliya Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kita Tingkatkan Jiwa Nasionalisme dan Kebangsaan Melalui Napak Tilas".

Kegiatan dihadiri Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Penglingsir Puri Kesiman, AA Ngurah Gede Kusuma Wardana, Forkopimda Kota Denpasar, OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, LVRI , Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat serta para siswa.

Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana mengatakan semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan perjuangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi generasi penerus bangsa untuk berjuang bahu-membahu untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan pembangunan di segala bidang untuk mencapai tujuan nasional.

“Untuk itu para generasi muda bangsa memiliki kewajiban untuk bersama-sama meneruskan perjuangan para pejuang agar bangsa Indonesia bisa mewujudkan bangsa yang sejahtera, adil dan makmur,” ujarnya.

Lebih lanjut Wiradana mengatakan nilai-nilai kepahlawanan yang digerakan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat memberi vibrasi kepada semua untuk tulus mengabdi dengan berbagai profesi apapun di dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Mari kita tingkatkan kualitas diri untuk terus berjuang bersama sehingga dapat memberi kesejahteraan dan kebahagiaan untuk kita semua,” harapnya.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, IB Alit Surya Antara, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Puputan Margarana yang ke-76. Dalam hal ini Pemerintah Kota Denpasar menerima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Gianyar. Setelah itu dilanjutkan dengan napak tilas yang diikuti sebanyak 10 regu dari SMA/SMK se-Kota Denpasar dimulai dari Depan Museum Bali dan berakhir di Puri Agung Kesiman dan dilanjutkan sarasehan serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba napak tilas.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana memberikan piala bergilir Walikota Denpasar kepada pemenang lomba napak tilas perjuangan pahlawan nasional yang dimenangkan SMKN 5 Denpasar. Sedangkan di urutan kedua yakni SMKN 2 Denpasar dan di urutan ke ketiga SMA Saraswati Denpasar. (Rls/BB)