Sekda Alit Wiradana Hadiri Pembukaan Bulan Bung Karno Provinsi Bali ke-5

  02 Juni 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Pembukaan Bulan Bung Karno Tahun 2023 ke-5 Tahun 2023  bertepatan juga dengan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan pada Kamis (2/6) di Taman Werdhi Budaya, Art Center, Denpasar.

Dibuka secara langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Hadir pula diantaranya Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Ketua TP - PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster serta perwakilan kepala  daerah  se-Bali dan undangan lainnya. 

Mewakili Pemerintah Kota Denpasar hadir Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kota Denpasar, AAN Gede Darma Putra Atmadja dan Camat Dentim, Made Tirana. 

Serangkaian Peringatan hari lahir Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, Pemerintah Provinsi Bali menyelenggarakan "Bulan Bung Karno" selama sebulan penuh. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 atau tahun ini merupakan yang ke-5. Pada perayaan tahun ini mengambil tema "Mahajnana Segara Kerthi" yang berarti pemuliaan laut sebagai pendalaman ajaran Bung Karno.

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya mengatakan tujuan peringatan Bulan Bung Karno sebulan penuh selain untuk penghormatan kepada Presiden Soekarno, tapi juga menekankan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara masyarakat Bali dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sejarah filosofi dan nilai Pancasila.

"Selain itu mengkaitkan  momen hari lahirnya Pancasila dengan lahirnya pariwisata dan ekonomi Pulau Dewata  setelah dihantam pandemi COVID-19," ucapnya. 

Sementara Sekretaris Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kota Denpasar, AAN Gede Darma Putra Atmadja menjelaskan di Kota Denpasar peringatan Bulan Bung Karno juga dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, dimana Kesbangpol Kota Denpasar bersama Pemerintah Kecamatan, Desa serta Desa dan Kelurahan menggelar berbagai macam lomba di masing - masing wilayah seperti Lomba puisi tingkat STT, Lomba pidato, Lomba Fotografi dan lain sebagainya.  

"Sementara pada puncak perayaan Bulan Bung Karno di Kota Denpasar pada tanggal 25 Juni nanti bertempat di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) akan diagendakan sejumlah acara termasuk nantinya ditampilkan Inagurasi Bulan Bung Karno," ujar Sekda Alit Wiradana. 

Ditambahkannya, tujuan peringatan Bulan Bung Karno di Kota Denpasar setiap bulan Juni karena di bulan Juni tonggak dimana Bung Karno pertama kali mencetuskan istilah Pancasila yang sampai sekarang ditetapkan sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. "Pancasila dapat menjadi alat mempersatukan bangsa, maka dari itu sebagai peringatan  perjuangan Bung Karno dan menggelorakan kembali nilai - nilai luhur ini kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda penerus bangsa agar nantinya sebagai bekal mereka melanjutkan pembangunan bangsa di masa yang akan datang," tegas Sekda Alit Wiradana. (Rls/BB)