Segera Terakreditasi Internasional ASIIN, Pinta Civitas pada Konservasi Ke-38 Biologi

  06 Mei 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Baliberkarya (Dok UNUD)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Himpunan Mahasiswa Biologi selenggarakan acara Konservasi Biologi ke-38 dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Program Studi Biologi FMIPA Universitas Udayana. Sangat disadari bahwa selama ini PS Biologi sangat berhubungan erat dengan masyarakat melalui pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu “Together With Biology Create Color in Society” yang berarti “Melalui kegiatan Konservasi Biologi ke-38, kita dapat menciptakan berbagai macam warna dalam lingkungan masyarakat” dijadikan tema perayaan kali ini. Melalui kegiatan ini civitas Biology FMIPA Universitas Udayana berharap agar PS Biologi bisa menciptakan berbagai macam warna partisipasi dalam menghidupkan lingkungan masyarakat. Minggu 6 Mei 2023,

Dalam perayaan ke-38 yang dilaksanan di gedung Auditorium Widya Sabha ini  dihadiri oleh civitas Biologi yaitu: Dosen, pegawai, maupun mahasiswa untuk ikut turut serta memeriahkan Konservadsi Biologi ke-38. Dalam kesempatan kali ini, Dekan Fakultas MIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D yang juga merupakan salah satu Dosen dari PS Biologi menyampaikan harapannya semoga tahun 2023 ini Prodi Biologi semakin Jaya semakin maju, full of Innovation dan tentunya luarannya bisa diterima di masyarakat dengan baik. Watiniasi berharap Program Studi Biologi dapat mengawal akreditasi internasional ASIIN yang sedang dipersiapkan supaya kualitas PS Biologi semakin baik, dan juga dapat memenuhi kuota akreditasi Internasional yang diinstruksikan atau ditugaskan oleh Rektor kepada FMIPA dan PS Biologi. Bapak/ibu dosen diharapkan mampu menjadi penggerak, sebagai pengisi dari berbagai kinerja yang sudah ditugaskan oleh Rektor kepada program studi yang mana kinerja tersebut merupakan barometer pencapaian Program Studi yang tentunya akan membawa perubahan tidak saja bagi mahasiswa, dosen, pegawai pada khususnya tapi juga membawa perubahan positif kepada Prodi Biologi, FMIPA, serta Universitas Udayana pada umumnya. Partisipasi mahasiswa untuk meningkatkan keikutsertaannya di program-program Kementerian terutama PKM dan MBKM serta aktif mengikuti lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional sangat diharapkan oleh Watiniasih. Dimana prestasi-prestasi tersebut tentunya merupakan salah satu barometer kualitas mahasiswa di Program Studi, pungkasnya. 

Dosen muda di PS Biologi yang baru saja melaksanakan Sumpah/Janji PNS, I Ketut Putra Juliantara S.Pd, M.Si, sangat berharap agar akreditasi Biologi secara nasional tetap menjadi Prodi yang Unggul dan SDM Prodi semakin berkualitas. Proses belajar mengajar yang sudah dilaksanakan based on case study/project agar menjadi penyemangat kita bersama untuk lebih menjaga dan meningkatkan kualitas program studi. Apalagi prodi biologi akan melaksanakan akreditasi internasional ASIIN sehingga dukungan semua pihak sangat diharapkan demi tercapainya Prodi Biologi yang semakin unggul dan berkualitas.

Ketua Himabio, Ahmad Rovikhi atau biasa dipanggil Vikhi mengharapkan PS biologi selalu jaya di umur yang ke-38. Semoga mahasiswa baru kedepannya bisa menjadi mahasiswa unggul, mandiri dan berbudaya seperti Visi dari Universitas Udayana. Ia juga berharap Prodi Biologi segera menaikkan tingkat akreditasinya dari yang Unggul menjadi terakreditasi secara Internasional. Kata Vikhi, kita tahu saat ini PS Biologi sedang berupaya melaksanakan akreditasi Internasional ASIIN, semoga dengan dilaksanakannya akreditasi ASIIN ini PS. Biologi FMIPA UNUD dapat semakin bersaing secara nasional maupun internasional yang pada akhirnya mampu mencapai Visi dan Misinya sesuai road map pengembangan Program Studi. Jayalah PS Biologi, katanya mengakhiri wawancara.

Koordiantor Program Studi Biologi I Ketut Ginantra S.Pd, M.Si selain mengucapakan selamat hari jadi ke-38 PS Biologi semoga PS Biologi semakin maju juga menyampaikan rasa bangganya dengan apa yang telah dicapai oleh PS Biologi sampai saat ini. Diusia yang tidak lagi muda ini, Ginantra mengharapkan sinergitas dan partisipasi-partisipasi dari semua civitas mahasiswa, dosen, pegawai, para alumni dan juga stakeholder atau pengguna lulusan prodi biologi dapat bersatu, bekerja sama saling mengisi untuk kemajuan prodi Biologi. Apalagi saat ini Prodi Biologi sedang memepersiapkan diri menuju terakreditasi ASIIN yang merupakan akreditasi Internasional. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus ditinggakatkan untuk bisa mendapatkan status terakreditasi ASIIN ini. Semoga PS Biologi semakin maju, tandas Ginantra.

Tidak lupa salah satu civitas mahasiswa prodi biologi yang ditemui, yaitu Anak Agung Ngurah Bagus Abimanyu yang akrab disapa Gunggus juga mengucapkan selama, bangga atas apa yang telah dicapai saat ini, dan berharap PS Biologi semakin Jaya. Seperti diketahui katanya, PS Biologi saat ini sudah terakreditasi Unggul. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa PS. Biologi memiliki kualitas yang baik dalam pelaksanaan pemebelajarannya, penelitian, pengabdian kepada masyarakan, serta bagaimana penerapan ilmu-ilmu yang dihasilkan oleh PS Biologi dapat diaplikasikan di masyarakat ataupun stakeholders. Tentu saja ini bukan prestasi yang instan katanya. Ini adalah buah dari kerja keras semua pihak. Namun terlepas dari capaian yang sangat membanggakan tersebut, Gunggus berharap PS Biologi semakin banyak peminatnya, terutama cowoknya, karena saat ini peminat PS Biologi masih didominasi oleh kaum perempuan. Padahal banyak sekali ahli biologi internasional dari kaum pria. Untuk itu ayo beramai-ramai menjadi ahli Biologi. (BB)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2921-Segera-Terakreditasi-Internasional-ASIIN-Pinta-Civitas-pada-Konservasi-ke-38-Biologi.html