RS Unud Gelar Pemeriksaan IVA Bagi Masyarakat Desa Ungasan

  15 Februari 2023 KESEHATAN Badung

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Puskesmas Kuta Selatan yang bekerjasama dengan RS UNUD menyelenggarakan layanan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) pada hari Rabu (15/02).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Kuta Selatan. Pemerintah Kabupaten Badung melalui Puskesmas Kuta Selatan yang bekerjasama dengan RS UNUD menyelenggarakan layanan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) pada hari Rabu (15/02).

Kegiatan yang diselenggarakan di Puskesmas Pembantu Ungasan ini dihadiri oleh ibu-ibu warga Ungasan yang sudah menikah (30-50 tahun) yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Sebelum pelaksanaan tindakan oleh bidan, dokter Obstetri dan Ginekologi, serta dokter muda. dr. I Gde Sastra Winata, M. Biomed., Sp.OG (K) selaku dokter Obsteri dan Ginekologi RS UNUD sekaligus pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa test IVA merupakan pemeriksaan yang mudah, murah dan cepat untuk deteksi dini kanker serviks, sehingga jika ditemukan kelainan dapat ditangani lebih awal.

Dengan berlangsungnya kegiatan Pemeriksaan Kanker Serviks diharapkan masyarakat desa Ungasan, terutama bagi wanita pasca menikah dapat mengetahui secara dini kondisi kesehatan alat reproduksinya.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/