Ribuan Belum Tervaksin, BIN dan Dinkes Jembrana Sasar Warga Penyaringan

  04 Juli 2022 KESEHATAN Jembrana

Ket poto : BIN dan Dinkes Jembrana door to door melaksanakan vaksinasi di PT Prodin

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana Sebagai desa yang terbanyak penduduknya yang meliputi 13 Banjar Adat, Desa Penyaringan sampai hari ini yang belum tervaksin dosis III (booster) sebanyak sekira 40 persen sekitar 2,973 orang, sedangkan warga yang sudah tervaksin sebanyak sebanyak 60 persen sekitar 4,412 orang.

Untuk itu BIN Daerah Bali bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana berpindah dari Kecamatan Negara sebelumnya langsung menuju Desa Penyaringan untuk melaksanakan vaksinasi covid masal, bertempay di Aula Kantor Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Selain melaksankan vaksinasi di aula kantor desa, BIN Posda Jembrana bersama Dinkes Jembrana melaksanakan door to door ke rumah warga dan juga mendatangan perusahan swasta yang ada di Desa Penyaringan seperti halnya perusahaan PT Prodin yang menyasar para pekerja, BIN dan Tim Vaksinator langsung mendatangi perusahan tersebut.

Saat dikonfirmasi awak media BIN Posda Jembrana I Made Wisnu mengatakan, untuk kali ini, pihaknya pindah tempat melaksanakan vaksinasi masal, masih dalam rangka mensukseskan program BIN pusat vaksinasi serentak 34 provinsi di Indonesia. Hari ini pihaknya selaian melaksanakan vaksinasi di kantor desa juga melakukan vaksinasi door to door ke rumah warga dan juga ke pekerja PT Prodin.

“Kita masih kerjasama dengan Dinkes Jembrana dalam meyediakan vaksinator dan logistik. Selain kita menyasar para warga di Desa Penyaringan. Kita juga di bantu oleh pak Camat Mendoyo, Pak Perebekel bersama jajarannya dalam pengerahan masa, untuk hari ini kita berhasil menvaksin sebanyak 151 orang warga,” bebernya. Senin (4/7/2022).

Sementara seijin Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, Kasi Penanggulangan Percepatan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Jembrana IB Adnyana mengatakan, Kali ini untuk untuk percepatan vaksinasi booster seperti saran Gubernur Bali dalam satu bulan terakhir ini diharapkan sudah 80 persen cakupan booster. Untuk di Kabupaten Jembrana, untuk saat ini sudah mencapai 72 persen.

“Untuk mensukseskan hal tersebut, kami dari Dinas Kesehatan Jembrana mulai per 1 Juli 2022 membuka layanan vaksin minimal 2 pos di setiap Puskesma di Jembrana, termasuk di Kecamatan Mendoyo, kita membuka di Puskesmas dan di Desa Penyaringan,” terangnya.

Kali ini pihaknya tetap bekerjasama dengan BIN Posda Jembrana. Terkait pengerahan masa Adnyana mengaku, phaknya sesuai arahan Gubernur Bali untuk menyukseskan percepatan vaksinasi di Jembrana semua perebekel, lurah, camat, TNI, Polri membantu untuk mengerahkan masa.

Ditempat yang sama Camat Mendoyo I Putu Sindhu Yasa saat dikonfirmasi terkait tingginya warga masih belum tervaksin, sesudah arahan dari bapak Gubernur Bali, dirinya sudah menginformasikan kepada para Perebekel untuk mengarahkan para kelian dusun untuk menjemput warga yang memang belum tervaksin booster.

“Kita sudah informasikan kepada para perebekel agar mengerahkan kelian banjarnya untuk mengerahkan masa. Hal itu juga dibantu oleh TNI Polri. Hari ini kita juga dibantu oleh BIN Posda Jembrana untuk mensukseskan vaksinasi di Desa Penyaringan, saya mengucapkan banyak terima kasih untuk BIN dan Dinkes Jembrana. Kita berjuang keras untuk mencapai target yang diberikan oleh bapak GUbernur Bali,” tutupnya. (BB)