Resmi Dibuka, BBTF Jadi Mata Rantai Promosi Para "Buyers and Sellers" ke Penjuru Dunia

  16 Juni 2022 EKONOMI Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nusa Dua. Ajang pameran perjalanan dan wisata internasional paling terkemuka di Indonesia yakni Bali Beyond Travel Fair (BBTF) ke-8 resmi dibuka pada Kamis, 16 Juni 2022 yang dihadiri oleh pejabat, pemangku kepentingan pariwisata, sektor swasta dan asosiasi di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua.

Acara ini dipimpin oleh I Putu Winastra selaku Ketua Komite BBTF 2022 sekaligus Ketua DPD ASITA Bali, didampingi oleh 273 buyers dari 31 negara – terdiri dari 25 negara mengikuti secara offline dan 18 negara secara online, dan 181 sellers dari 13 provinsi, media lokal dan nasional, serta peserta pameran sebagai partisipan acara.

“Tema BBTF 2022 “Balancing in Harmony” bertujuan untuk menghidupkan kembali pariwisata pasca pandemi - sebuah konsep inspirasi bagi para pemangku kepentingan untuk aktif melakukan promosi tentang kesehatan dan keseimbangan spiritual, produk dan kualitas wisata yang berkelanjutan,” kata Putu Winastra, Ketua BBTF 2022 dalam sambutannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di virtual screen menyambut para sellers, buyers, peserta pameran, dan media. Ia menegaskan akan terus mendiversifikasi pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata yang sekarang tidak hanya bergantung pada jumlah kedatangan, tetapi juga pada kualitas pariwisata.

"Kami melihat kontribusi travel agent, tour operator dalam membawa bisnis industri pariwisata serta perannya dalam mendorong kolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya,” terang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Gubernur Provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diwakili oleh Deputi Bidang Produk dan Event Organizer turut memberikan sambutan untuk menandai dibukanya BBTF 2022 yang merupakan pameran perjalanan tahunan terkemuka di Indonesia dengan topik “Change, Development, and Learning”.

Sementara, Rizki Handayani menyampaikan pentingnya narasi-narasi baru untuk "experiential tourism" berbasis "events" yang mengikuti trend global. "Keterlibatan seluruh pihak pemangku kepentingan Bali berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif untuk berkomunikasi satu misi dengan perwakilan Kementerian Luar Negeri untuk promosi ‘events' sangat strategis," ucap Rizki Handayani.

Dalam kesempatan ini, Widya Sadnovic, Sekretaris Bidang Pariwisata TPPE / Direktur European Affairs I mewakili Kementerian Luar Negeri menyampaikan 193 perwakilan di luar negeri yang bisa menjadi mata rantai promosi ke berbagai negara atau penjuru dunia.

"Travel Tourism Index sebagai barometer global mencatat Indonesia dari peringkat 44 ke 32. Artinya dalam waktu singkat jika koordinasi berjalan maksimal kita dapat merekrut tamu travellers terutama bisnis MICE lebih baik lagi,” jelasnya.
 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum & HAM Provinsi Bali, Anggiat Napitupulu menjabarkan sarana dan ketentuan sekaligus tantangan dalam penerimaan arus wisata serta permintaan tinggi jalur penerbangan sejak dibukanya pintu internasional. Visa on arrival untuk 72 negara dibarengi bebas visa 9 negara ASEAN adalah bagian dari komitmen untuk turut ambil andil dari pemulihan ekonomi melalui pariwisata.
 
Sementara itu, Ketua Bali Tourism Board (BTB) Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengakui tantangan kesiapan dari akomodasi dan kualitas produk setelah dua tahun lebih tidak beroperasi serta event-event pendorong pun tak lepas dari pengamatan.

"Solusi bantuan kementerian untuk pemulihan ini harus diperhatikan sehingga percepatan bisa terlaksana," harap Gus Agung mewakili stakeholders GIPI Bali.
 
Untuk pertama kalinya Aviata inJourney atau PT Aviasi Pariwisata Indonesia bergabung diwakili oleh Ricky Wirjan, the Head of Strategic Marketing & Customer Experience. Dibawah bendera perusahaan BUMN, gabungan mix industry ini menjadi angin segar di dunia pariwisata. PT Angkasa Pura I dan II, PT Hotel Indonesia Natour atau INA, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau TWC, serta PT Sarinah sebagai inisiatif baru yang terintegrasi melirik event internasional untuk dibawa ke Bali.

"Kunjungan wisatawan asing rata-rata setelah pintu internasional dibuka adalah 5.800 per hari dan 10.000 per hari untuk domestik. MICE events bisa angkat angka kedatangan secara signifikan,” ungkap Ricky Wirjan.
 
Ketua BBTF 2022 sekaligus ketua DPD ASITA Bali, I Putu Winastra menggaris bawahi keyboards conventional travel yang akan terus hadir bukan tergantikan teknologi. “Travellers mencari kenyamanan lewat persahabatan, storytelling dan budaya. Seperti art  ada hati dan rasa yang membuat hubungan network and trust tidak mudah tergantikan,” sebutnya.
 
Pasar Nigeria meneropong potensi luxury market yang untuk pertama kalinya hadir di BBTF sebagai buyers - diantara 273 buyers lain dari 30 negara. Nigerian Travel yang diwakili oleh CEO NTT (Nigerian Travel Two) Global Destinations, Elizabeth Agboola yakin bahwa Bali memiliki value for money untuk luxury market.

Setelah pembukaan BBTF dilanjutkan dengan konferensi pers dimana pembicara utama konferensi pers menghadirkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diwakili oleh Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Event Organizer - Rizki Handayani Mustafa, Kementerian Luar Negeri diwakili oleh Sekretaris Bidang Pariwisata TPPE / Direktur European Affairs I - Widya Sadnovic. Untuk Gubernur Bali, diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum & HAM Provinsi Bali - Anggiat Napitupulu.

Tak ketinggalan, Ketua Bali Tourism Board (BTB) /GIPI Bali - Ida Bagus Agung Partha Adnyana, Head of Strategic Marketing & Customer Experience, PT Aviasi Pariwisata Indonesia /Aviata Injourney - Ricky Wirjan, General Manager Westin Nusa Dua & Multi - Property Vice President, Bali Properties - Oriol Montal, CEO of NTT (Nigerian Travel Two) Global Destinations - Elizabeth Agboola, Ketua Panitia BBTF 2022 sekaligus ketua DPD ASITA Bali - I Putu Winastra. Acara Konferensi Pers ditutup oleh Oriol Montal, General Manager Westin Nusa Dua & Multi - Property Vice President, Bali Properties dengan optimisme kerja sama semua pihak dan stakeholders.(BB).