Ratusan Wisman Sambangi Kasanga Festival 2023 

  17 Maret 2023 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Kehadiran Kasanga Festival Tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kota Denpasar, menyulut animo para wisatawan  mancanegara ( wisman) peserta tur Kapal Pesiar Viking Orion untuk mendatangi area Kesanga Festival. Sebanyak 420 orang wisman  yang berasal benua Eropa dan Amerika itu, tampak memadati arena Kasanga Festival, pada Jumat (17/3).

Rombongan  langsung disambut Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Lapangan Puputan Badung, didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Selain itu tampak hadir pula, Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa serta Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana. 

Kehadiran para turis asing ini, memberi warna tersendiri bagi gelaran Kasanga Festival yang diadakan untuk mengakomodir kreativitas pemuda untuk berkarya. 

"Kami tentu menyambut baik kedatangan para tamu asing ini. Hal ini sekaligus membuktikan, pelaksanaan Kasanga Festival ini telah memberi warna bagi geliat pariwisata dan juga seni budaya di masyarakat," ungkap Jaya Negara. 

Momentum Kasanga Festival sebut Jaya Negara, adalah ajang yang baik digunakan untuk mengenalkan budaya Bali, terutama dalam kaitannya dengan Hari Raya Nyepi kepada masyarakat, tak terkecuali wisatawan asing.

"Kasanga Festival memang dihadirkan untuk memberi ruang bagi seluruh masyarakat agar dapat mengenal budaya Bali, khususnya kesenian ogoh-ogoh. Di sini kita bisa melihat ogoh-ogoh terbaik dari seluruh Kota Denpasar. Kita harapkan, sekembalinya para turis ini ke negaranya, mereka bisa menceritakan pengalaman kunjungan ini kepada keluarga dan rekan mereka, sehingga bisa ikut berkunjung ke Denpasar dan Kesanga Festival Tahun depan," harap Jaya Negara.

Terbagi dalam beberapa kelompok tur, para tamu asing ini dipandu untuk mengitari arena Kasanga Festival untuk melihat ogoh ogoh terbaik yang dipamerkan di kawasan tersebut. 

Antusiasme tersirat jelas dari wajah para turis tersebut, dikarenakan mayoritas dari mereka mengaku baru pertama kali bertandang ke Bali dan menyaksikan secara langsung kesenian ogoh ogoh ini. 

Salah satu turis, Rebbeca yang berasal dari San Fransico, Amerika, mengatakan betapa takjubnya dia melihat kesenian ogoh ogoh secara langsung. Selama ini, dia hanya mengetahui lewat berita dan juga referensi tulisan lainnya di media. 

"Terima kasih kepada Bapak Wali Kota Denpasar yang telah menerima kami di sini. Dan memberikan kesempatan kami untuk melihat langsung ogoh ogoh ini. Saya akan memberi tahu lebih banyak keluarga dan sahabat saya, agar mereka juga segera mengunjungi Kota Denpasar," tutupnya.(Rls/BB)