Ratusan Peserta Ikuti Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi di Jembrana

  13 Agustus 2022 HIBURAN Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba buka Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Untuk memeriahkan HUT RI ke-77 dan HUT Kota Negara ke-127, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba membuka Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Kabupaten Jembrana, bertempat di Lapangan Dauhwaru.Lomba yang dimeriahkan oleh 242 pasang burung Merpati.

Ketua Panitia Lomba, Ketut Wiarta dalam hal ini mengatakan, burung yang dipentaskan hari ini merupakan burung piihan dari hasil seleksi arisan rutin tiap minggunya dengan penggemar merpati lebih dari 20.000 orang

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati dan jajaran Pemkab Jembrana atas terselenggaranya lomba ini yang dianggarkan dari Pemkab Jembrana, setelah selama 2 tahun tidak terselenggara karena pandemi covid-19. Kami juga meminta untuk kedepannya selalu diadakan Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi,” ujarnya. Sabtu (13/8/2022)

Lanjut Wiarta dalam laporannya mengatakan bahwa lomba ini terdiri dari 2 kategori, yaitu kategori Bulu Polos (warna burung hitam dan abu-abu) dan kategori Bulu Mores (warna burung yang ada unsur putihnya) yang masing-masing akan diambil juara 1, 2, dan 3.

Sementara Bupati, I Nengah Tamba merasa bahagia melihat pencinta merpati (seka dedara) hadir dengan penuh semangat dan suka cita karena hampir 2 tahun kegiatan ini tidak terlaksana. “Astungkare dalam rangkaian HUT Kota Negara ke-127 dapat kita laksanakan.” Semoga kedepan tidak ada lagi penyakit atau pandemi lagi di Negara kita ini," ucapnya

Ia juga menyampaikan bahwa Pemkab sudah membangun tempat yang cocok untuk lomba ini, yaitu Sirkuit All in one yang masih proses pembangunan di Pengambengan. 

"Semua atraksi budaya akan dilaksanakan di sana, seperti Mekepung, Pementasan Jegog, Lomba Burung Merpati, Lomba layang-layang, dan lainnya. Desember akan selesai pengerjaannya. Kedepan akan dikemas lebih baik dan menjadi tontonan wisatawan," ujarnya

Apalagi sambung Tamba, Lomba Burung Merpati terbang Tinggi ini juga hanya ada di Jembrana. "Ini juga kebanggaan buat Kabupaten Jembrana, selain Jegog dan Mekepung. Lomba Burung ini juga hanya ada di jembrana," tandasnya . 

Untuk tahun-tahun berikutnya, Bupati pastikan akan terus berlangsung dengan penambahan dana. “Silahkan rancang kegiatannya, tidak pada saat momen HUT Kota Negara dan Kemerdekaan RI, waktu lain pun boleh. Ini adalah hiburan rakyat, asal tetap bekerja jangan nanti hiburan terus, pungkas Tamba sambil bergurau.

Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi dibuka secara resmi dengan simbolis pelepasan pasangan burung lomba keudara oleh Bupati Tamba bersama  Dandim 1617/Jembrana. (BB)