Ratusan Personil Polres Jembrana Disiagakan di Gilimanuk, Amankan Jalannya KTT G20

  01 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Untuk melancarkan jalannya perhelatan dunia KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Polres Jembrana kerahkan 200 personil Polres Jembrana untuk mengamankan pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk. Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana terjun langsung melakukan pengecekan di Pelabuhan Gilimanuk.

Saat pemantauan di Pelabuhan Gilimanuk sekira pukul 15.05 wita sebanyak 11 unit mobil kendaraan dinas dari Baharkam Polri dan 58 unit kendaraan sedan dinas dari Korlantas Polri tiba di Pelabuhan Gilimanuk dari Jawa dalam rangka kegiatan KTT G 20 Oprasi Puri AGUNG 2022 dan langsung menuju Puspem Badung.

Yang menjadi sasaran utama dalam pengecekan tersebut yaitu Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk yang merupakan pintu masuk Bali, kemudian tempat validasi vaksin Pelabuhan Gilimanuk,laluTempat Gate Pejalan kaki menuju scdoor brimob Den C Pelopor Gilimanuk dan Pos Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Gilimanuk.

Saat dikonfirmasi awakmedia Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan,phaknya mengerahkan sebanyak 200 personil diterjunkan di Pelabuhan Gilimanuk untuk melakukan pengamanan.

“Dalam upaya mensukseskan KTT G20 di Nusa Dua Bali, kami mengerahkan 200 personil dari Polres Jembrana untuk melaksanakan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk. Kami juga melakukan pengawasan disekitar areal pelabuhan dan juga ditempat vaksinasi,” terangnya. Selasa (1/11/ 2022)

Menurutnya, bahkan mulai dari tanggal 3 dan 4 Oktober 2022 lalu, 200 personil yang akan diterjunkan di Pelabuhan Gilimanuk sudah melaksanakan Latpraops (Latihan Pra Operasi). “Untuk saat ini, masih Cipkon (Cipta Kondisi), pemeriksaan kendaraan, orang dan barang tetap sesuai SOP,” ujarnya.

Menjelang KTT G20, pihaknya juga sudah melakukan rapat kordinasi (Rakor) dengan instansi terkait. Dalam rakor itu disampaikan terkait kesiapan masing-masih stakeholder. Untuk di Pelabuhan Gilimanuk pengamanan dan pemeriksaan personil dilengkapi mirror dan alat detektor dan juga menerjunkan 2 ekor anjing pelacak.

“Pengamanan dan pengawasan tersebut sebagai antisipasi juga dilakukan di sepanjang pesisir pantai di Jembrana. Salah satunya melalui kegiatan yustisi dengan melibatkan personil dari masing-masing Jajaran Polsek. Pelabuhan Gilimanuk merupakan pintu masuk dari Pulau Jawa ke Bali sehingga Pengamanannya benar-benar diperketat,” tandasnya. (BB)