(Kejuaraan Silat Ke-17 Diikuti 16 Perguruan)

Ratusan Atlet Dunia Dari 40 Negara Ikuti Kejuaraan Pencak Silat di Bali

  03 Desember 2016 OLAHRAGA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Ajang kejuaraan dunia pencak silat di gelar di Bali hingga 9 Desember 2016 mendatang. Kejuaraan silat dunia ke-17 ini diikuti para peserta dari 40 negara yang akan bertarung dan adu seni atraksi.
 
Acara pembukaan kejuaraan pencak silat dunia silat dan Munas Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) ini dibuka dengan meriah oleh drumband binaan Prabowo Subianto yang disaksikan oleh ratusan peserta dari puluhan negara di Gor Lila Buana, Denpasar, Bali, Sabtu malam (3/12/2016). 
 
Ketua panitia yakni Edhy Prabowo selaku menyatakan jika ajang adu silat kelas dunia kali ini diikuti jumlah peserta terbesar yakni sebanyak 553 atlet. 
 
"Pertama kalinya ajang kejuaraan yang ke-17 ini juga digelar festival pencak silat. Di ajang ini sedikitnya ada 16 perguruan yang terlibat," ucap Edhy.
 
Edhy mengungkapkan bahwa kejuaraan pencak silat dunia ini menelan anggaran sebesar Rp 14,8 miliar yang seluruhnya didonaturi oleh Prabowo Subianto.
 
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Narawi dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara ini menyampaikan bahwa untuk menjadikan ajang pencak silat masuk dalam ajang Olimpiade tidaklah mudah. Menurutnya, membutuhkan perjuangan yang cukup panjang agar bisa pencak silat ada di Olimpiade mendatang. 
 
"Semoga pada Olimpiade nanti pencak silat sudah bisa dimasukkan. Ini harus kita kawal bersama, karena butuh 70 negara yang harus terlibat memiliki atlet silat," ungkap Narawi.
 
Narawi berharap agar pencak silat bisa dikenal di seluruh dunia seperti halnya olahraga beladiri lainnya. "Kalau kungfu dan karate bisa mendunia, kenapa silat tidak," harapnya.
 
Sementara itu, Prabowo Subianto yang juga selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mengungkapkan betapa bangganya seni silat sudah ada di 40 negara. Ia mengaku hampir setiap tahun pencak silat di gelar menunjukkan jumlah negara yang terlibat terus bertambah. 
 
"Harapan kami seluruh peserta terus bertambah setiap tahunnya. Untuk para peserta yang hadir saat ini, ingatlah kita semua saudara dan nikmatilah Bali yang penuh kedamaian dan cinta keragaman," tutupnya menyudahi. (BB).