Puncak PKMM, FKH Unud Hadirkan Cucu Ki Hajar Dewantara dan Pemimpin Umum Pers Akademika

  24 Oktober 2022 PENDIDIKAN Denpasar

PKMM FKH Unud 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FKH Unud, yaitu drh. I Wayan Sudira, M.Si.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Hari puncak Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (PKMM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) diselenggarakan pada Minggu (23/10/2022). PKMM FKH Unud 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FKH Unud, yaitu drh. I Wayan Sudira, M.Si.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FKH Unud, yaitu drh. I Wayan Sudira, M.Si. mengungkapkan bahwa para peserta harus mengikuti Kegiatan PKMM ini dengan sebaik mungkin agar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dari mengikuti kegiatan PKMM. Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara beda generasi yang dapat membuka pikiran akan sosok pemimpin dan bagaimana memanajemen diri sendiri.

Pembicara pertama merupakan dosen UIN Yogyakarta sekaligus cucu dari Ki Hajar Dewantara, Ki Nanang Rekto Wulanjaya. Pada kesempatan itu Ki Nanang mengungkapkan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dicintai dan menjadi pelayan bagi yang dipimpin.

Sementara itu pembicara kedua, Wayan Bagus Perana Sanjaya, Pemimpin Umum Pers Akademika 2021, mengungkapkan salah satu poin penting yang harus dapat diterapkan oleh sosok pemimpin adalah kehadiran pemimpin ditengah-tengah yang dipimpin.

“Kunci kepemimpinan adalah dipercaya. Dengan selalu hadir dan memberikan motivasi akan membuat orang percaya pada pemimpinnya karena artinya sang pemimpin memikirkan yang dipimpin,” ungkapnya seraya membagikan buku karya Pers Akademika kepada peserta yang aktif bertanya dan menjawab saat sesi diskusi.(BB). 

Sumber: www.unud.ac.id