Puncak Hut Ke-14 Paiketan Arya Wang Bang Pinatih

  06 November 2022 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Teks Foto : foto bersama Gubernur Bali, Wayan Koster, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang juga selaku Manggala Umum Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat, Sabha Pandita, Maha Kertha Warga Dhang Hyang Bang Manik Angkeran Sidhi Mantra Provinsi Bali/ Pusat, Dharma Upapati Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali Pusat, Pemangku, Pinandita, Penglingsir Puri Sulang, Pen

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Puncak Hut Ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih berlangsung, Minggu (6/11) di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali, Wayan Koster, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang juga selaku Manggala Umum Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat, Sabha Pandita, Maha Kertha Warga Dhang Hyang Bang Manik Angkeran Sidhi Mantra Provinsi Bali/ Pusat.

Juga dihadiri Dharma Upapati Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali Pusat,  Pemangku, Pinandita, Penglingsir Puri Sulang, Penglingsir Puri Penatih, serta seluruh pengurus Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat.

Wali Kota Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Bali Wayan Koster dalam puncak peringatan Hut Ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih, beserta pasemeton.  Mengacu pada bhisama leluhur "Ala Ayu Tunggal Kabeh" sebagai Perwujudan Semangat Kebersamaan Warga Arya Wang Bang Pinatih dan Bhakti kepada Ida Bhatara Kawitan berlandaskan Nangun Sad Kerthi Loka Bali.

"Sloka yang telah di bacakan dalam kesempatan ini  yang juga memuat bhisama leluhur untuk dapat terus di pegang bersama-sama dalam mempererat tali silahturahmi persaudaraan dalam Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih, yang saat ini telah berusiah 14 Tahun dari tahun terbentuknya yakni 2008-2022," ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan tujuan terbentuknya Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih yakni meningkatkan Sradha Bakthi kepada Ida Leluhur, serta selalu "raket rumaket pasemetonan". Di samping itu dalam pelaksanaan Dharma Negara dan Dharma Agama, pengurus dan pasemetonan telah melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti melaksanakan upacara agama di Pura Segara Rupek yang juga mendapat dukungan dari Pasemetonan Maha Kertha Warga Dhang Hyang Bang Manik Angkeran Sidhi Mantra.

"Pura Segara Rupek salah satu Pura Dang Kahyangan di Bali dan kami sebagai Warih dari Bethara Lelangit juga melaksanakan kewajiban dalam sradha bakthi, di samping itu  juga keberadaan Pura Segara Rupek telah mendapat perhatian dari  Gubernur Bali Wayan Koster dalam mewujudkan penataan dan pembangunan pura setempat.  Dalam Dharma Negara kami bersama dapat selalu mewujudkan bakti kepada pemerintah sebagai Guru Wisesa," kata Jaya Negara.

Lebih lanjut dikatakan dalam kepengurusan paiketan juga memiliki cita-cita dan semoga dapat terwujud yakni pembangunan Patilasan Ida Bathara Lelangit Kerajaan Kerthalangu dan juga telah mendapatkan dukungan dari Gubernur Bali Wayan Koster.  Kegiatan lainnya juga telah dilaksanakan kepengurusan yakni kegiatan gotong royong, pembagian sembako, pelatihan Kepemangkuan hingga donor darah. "Dharma Raksatah Raksitah ini agar di pegang, serta hendaklah kita berpijak selalu pada dharma, kebenaran sebagai senjata untuk membentengi setiap langkah kehidupan kita bersama," ujarnya.

Sementara Gubernur Bali Wayan Koster  menyampaikan ucapan selamat Hut Ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih. "Dirgahayu Paiketan Arya Wang Bang Pinatih, selalu Jaya dan terus memperkuat pasemetonan serta berkontribusi untuk Bali," ujar Gubernur Wayan Koster.

Lebih lanjut disampaikan adanya Bisama Leluhur di dalam Paiketan Arya Wang Bang Pinatih, dapat terus dipegang, disosialisasikan kepada generasi muda paiketan untuk dapat lebih memperkuat pasemetonan.

Pelaksanaan Hut Ke-14 juga diisi dengan pemotongan tumpeng, kegiataan sosial dan budaya. Diantaranya pelaksanaan donor darah, hingga pementasan seni Tari, dolanan hingga Bondres Celekontong Mas, serta keterlibatan Yowana Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih. (Rlas/BB)