PTS Terpopuler di Bali Nusa Tenggara ITB STIKOM Bali Lepas 735 Wisudawan, Dadang Hermawan: Tak Satupun yang Menganggur

  23 Oktober 2021 PENDIDIKAN Badung

Foto: Rektor ITB STIKOM Bali Dadang Hermawan menyalami seorang wisudawan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Wisuda XXVIII ITB STIKOM Bali yang digelar di Bali International Convention Center (BICC) The Westin, Nusa Dua, Sabtu, 23 Oktober 2021 kali ini paling istimewa. Dimana pertama, jumlah wisudawan terbanyak sejak ITB STIKOM Bali berdiri pada 10 Agustus 2002. Kedua, dilakukan secara tatap muka dalam dua sesi dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam acara Wisuda XXVIII ini, ITB STIKOM Bali mendatangani MoU di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PT Bank BTN Cabang Denpasar, PT Garuda Indonesia Wilaya Bali Nusra da, Perbarindo Bali. 

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menjelaskan, jumlah wisudwan sebanyak 735 tersebut terdiri dari Prodi Sistem Informasi S-1 sebanyak 559 orang, Prodi Sistem Komputer S-1 sebanyak 158 orang dan Prodi Manajemen Informatika D-3 sejumlah 18 orang. 

“Seorang wisudawan dari kelas internasional dual degree sehingga dia memperoleh dua gelar, Sarjana Komputer (S.Kom) dari STIKOM Bali dan Bachelor of Information Technology (BIT) dari HELP University Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan tambahan wisudawan hari ini maka jumlah alumni ITB STIKOM Bali hingga kini mencapai 8.000- an orang, tersebar di seluruh Indonesia. 

“Tak satupun yang menganggur,” kata Dadang Hermawan. 

Saat ini ITB STIKOM Bali memiliki jumlah mahasiswa 6.500 orang tersebar di tiga kampus yakni Renon, Jimbaran dan Abiansemal. ITB STIKOM Bali memiliki dua fakultas yakni Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Bisnis dan Vokasi. Memiliki lima program studi (Prodi) yakni Prodi Sistem Informasi, Sistem Kom¬puter, Manajemen Informatika, Teknologi Informasi, dan Prodi Bisnis Digital. Memiliki Program Nasional bekerja sama dengan Binus University Jakarta untuk dua gelar (S.Kom dan SM) dan program internasional bekerja sama dengan HELP University Malaysia. 

Foto: Rektor Dadag Hermawan dan Pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti foto bersama wisudawan terbaik didampingi orangtua mereka. 

STIKOM Bali didirikan pada 10 Agustus 2002 oleh Prof. Dr. I Made Bandem, MA., Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si, Ak., Dr. Dadang Hermawan, dan Drs. Satrya Dharma. Awalnya dengan nama Sekolah Tinggi Manjemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali, kemudian berubah bentuk menjadi institut dengan nama Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali, berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 357/KPT/I/2019 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer menjadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali tertanggal 07 Mei 2019.

Pada bagian lain Dadag Hermawan menjelaskan, selama tahun 2021 ini ITB STIKOM Bali mencatat tiga prestasi spektakuler. Pertama, pada Juli lalu ITB STIKOM Bali menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terpopuler di Bali Nusa Tenggara karena satu-satunya PTS yang masuk ranking lima besar perguruan tinggi (bersama empat PTN) untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara berdasarkan rilis webometric. 

Kedua, pada 09 September lalu mendapat kepercayaan dari Lithan Acadeny Singapura untuk kerja sama magang online. Ketiga, pada 16 September lalu ITB STIKOM Bali mendapat kepercayaan dari Pemerintah RI, dalam hal ini Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk mengirim 3.000 mahasiswa kerja di Jepang. 

Sekelumit kisah ini melengkapi sejarah panjang ITB STIKOM Bali sejak berdiri tahun 2002 hingga kini dengan segudang prestasi yang pernah ditorehkan. Sesuai tagline Always The First, ITB STIKOM Bali akan selalu menjadi yang pertama dalam segala hal. 

"Seperti dikatakan ketua yayasan kami, Bapak Ida Bagus Dharmadiaksa, “orang belum sempat berpikir tapi kami sudah melaksanakannya. Terkait wisuda hari ini, bukan berarti tugas kami sudah selesai. Kami memiliki lembaga Pusat Karir dan Alumni yang bertugas memfasilitasi para alumni memasuki dunia kerja," tutup Dadang Hermawan.(BB).