Prodi Sarjana Peternakan Fapet Unud Laksanakan Praktikum Lapangan Ilmu Tilik dan Handling Ternak

  25 November 2022 PENDIDIKAN Badung

Prodi Sarjana Peternakan Universitas Udayana khususnya pada Mata kuliah Ilmu Tilik Ternak mengajak mahasiswa semester 3 pada Jumat, 25 November 2022 untuk melakukan praktikum di lapangan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Prodi Sarjana Peternakan Universitas Udayana khususnya pada Mata kuliah Ilmu Tilik Ternak mengajak mahasiswa semester 3 dengan dosen pengampu Dr. Ir. Ni Luh Putu Sriyani, S.Pt., MP., IPM., ASEAN Eng. pada Jumat, 25 November 2022 untuk melakukan praktikum di lapangan.

Adapun topik yang dipraktikumkan adalah tentang Teknik Pendekatan/handling Ternak. Disini mahasiswa mengamati tingkah laku ternak dan praktek bagaimana cara memperlakukan ternak dengan baik dan benar.

Penanganan ternak ruminansia atau yang sering disebut dengan istilah handling adalah kegiatan perlakuan peternak terhadap ternak dengan baik dan benar. Baik dan benar disini mengandung arti bahwa perlakuan peternak terhadap ternak tidak menyebabkan stres, cidera, ternak tercekik, atau yang lebih fatal adalah ternak sampai mati.

Dan yang tidak kalah penting pada saat handling tersebut tidak menyebabkan petugas handling (handler) terinjak, tertanduk ataupun terseret oleh ternak tersebut. Teknik atau cara bagaimana menangani ternak akan mempengaruhi tingkah laku atau perilaku setelahnya.

Perlakuan yang kasar terhadap ternak akan membuat ternak semakin memberontak dan ketakutan. Semakin ternak ketakutan maka semakin susah atau sulit untuk ditangani. Karena ternak akan menjadi lebih liar dan ganas, bahkan kemungkinan besar ternak tidak dapat dikendalikan.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2256-Prodi-Sarjana-Peternakan-Fapet-Unud-Laksanakan-Praktikum-Lapangan-MK-Ilmu-Tilik-Ternak-Perkenalkan-Teknik-Pendekatan-handling-Ternak-Pada-Mahasiswa.html