Prestasi Membanggakan, Atlet Catur Kupang-NTT Sukses Sabet Gelar Master Nasional 

  22 Maret 2023 OLAHRAGA Nasional

Fandi Yona Djenmakani, atlet Catur dan membawa harum nama Nusa Tenggara Timur (NTT).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Prestasi yang membanggakan diraih oleh Fandi Yona Djenmakani, atlet Catur dan membawa harum nama Nusa Tenggara Timur (NTT). Fandi yang juga disapa Frakam berhasil menyabet gelar Master Nasional (MN) dari Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ke-49 yang diikuti oleh 1.506 peserta dari seluruh Indonesia dan berlangsung di Jiexpo Kemayoran Jakarta, 13-20 Maret 2023. 

Lelaki berdarah Alor-Rote ini mengaku bangga telah mencatat prestasi dengan perolehan gelar Master Nasional. Tak lain dan tak bukan, karena Percasi NTT bisa membuka ruang bagi dirinya untuk mengikuti kompetisi catur di level tinggi yaitu tingkat Nasional. 

Fandi mengaku sangat bangga karena telah menoreh prestasi membawa nama Kupang, Nusa Tenggara Timur dalam kejuaraan tingkat Nasional yang mempertemukan para juara atau jago-jago catur tingkat provinsi se Indonesia ini. Tentunya mempersiapkan diri selama 2 bulan guna menghadapi event level nasional. 

"Terdapat 9 babak dalam kompetisi tersebut. Kemudian nama saya masuk dalam 48 pecatur nasional yang meraih gelar Master Nasional, dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi)," ucap Fandi, Rabu 22 Maret 2023. 

Fandi yang berdarah Alor-Rote, berdomisili di Gang Danger, Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ini tak lupa berterimakasih kepada Ketua Percasi NTT Jon Saragih yang terus membuka ruang bagi pacatur NTT untuk menguji nyali dan skil dikanca nasional. “Tentu ini juga karena dukungan Ketua Percasi NTT. Pun tak terlepas dari doa dan dukungan keluarga dan seluruh masyarakat NTT,” ungkapnya. 

Selain itu, ia juga mengatakan mantan Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore yang juga Ketua KONI Kota Kupang ikut memberikan dukungan. “Saya juga berterima kasih kepada jajaran DPRD Propinsi dan Kota di NTT. Pak Jefri, yang turut mendukung, bahkan langsung bertemu dengan kami,” jelas Fandi. 

Ia pun berharap kedepan Pemerintah NTT bisa mendukung olahraga catur di NTT. Karena dalam tahun 2023 ini, akan ada Pra-PON dan PON di tahun selanjutnya. Menurutnya, perolehan gelar ini sebagai sejarah bahwa para atlet dari NTT khususnya Kota Kupang juga punya potensi yang luar biasa. 

"Dengan perolehan gelar Master Nasional ini, maka catur di NTT sudah menunjukkan diri sebagai salah satu olahraga unggulan yang berprestasi. Semoga olahraga catur dibangkitkan dan terus mencatat prestasi bagi nama daerah," harap Fandi mengakhiri.(BB).