Presiden dan Pemkab Jembrana Sumbang 34 Hewan Kurban Menjelang Idul Adha 2022

  09 Juli 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Penyerahan hewan kurban menyambut hari raya Idul Adha 2022 di Jembrana dipusatkan dimasjid raya Negara Kelurahan Dauh Waru Jembrana. Penyerahan secara langsung kepada perwakilan oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) didampingi jajaran Forkopimda Sabtu (9/7/2022).

Turut diserahkan sapi kurban bantuan Presiden RI Joko Widodo berjenis sapi Bali dengan berat 570 Kg.Bantuan sapi presiden ini diserahkan kepada Takmir Masjid Agung Baitul Qodim Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, disaksikan langsung Wabup Ipat bersama jajaran Forkopimda Jembrana.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberikan sapi kurban kepada warga kami," ujar Wabup Patriana Krisna usai menyerahkan sapi kepada Takmir Masjid Agung Baitul Qodim.

Pada kesempatan yang sama, selain menyerahkan sapi kurban dari Presiden, Wabup Patriana Krisna juga menyerahkan secara simbolis hewan kurban dari Pemkab Jembrana. Total ada 6 sapi dan 28 kambing yang dibagikan kepada masjid-masjid yang ada di Jembrana.

Ia pun mengungkapkan bahwa pelaksanaan kurban merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Jembrana kepada masyarakat kurang mampu untuk dapat ikut merayakan Idul Adha.

"Dengan melakukan kurban ini, kita mencoba berbagi dengan saudara-saudara kita yang kurang mampu dan kaum dhuafa agar mereka juga dapat merasakan hari raya Idul Adha," ucapnya.

Lanjutnya, hal tersebut juga menjadi amal perbuatan baik dan wujud ketaqwaan umat kepada Tuhan. "Ini adalah sebuah amal perbuatan baik yang akan mendapat imbalan di akhirat nanti. Dan ini adalah salah satu wujud perbuatan alam dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," imbuh Patriana Krisna.

Pihaknya juga mengajak umat muslim untuk terus menjaga kerukunan sehingga dapat menciptakan kebahagiaan untuk masyarakat. "Saya mengajak umat muslim untuk bersama-sama saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia," harapnya.

Dilain sisi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana, I Made Tarma mengatakan pembagian kurban oleh Pemkab Jembrana merupakan agenda rutin setiap tahun. 

"Untuk tahun ini ada total 6 sapi dan 28 ekor kambing yang dibagikan kepada 34 masjid yang tersebar di Kabupaten Jembrana dalam perayaan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah," jelas Made Tarma. 

Sementara itu, ditengah merebaknya penyakit PMK pada ternak yang menjadi perhatian nasional, Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Drh. I Gede Putu Khastama mengatakan hewan kurban yang diserahkan hari ini telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Pengecekan dipimpin langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba. 

"Sudah diadakan pemeriksaan sebelumnya oleh dokter hewan. Sapi dan kambing yang diserahkan hari ini menunjukan ciri-ciri dari hewan ternak tersebut dalam keadaan sehat. Melalui observasi  lsecara langsung tanda pada mulut dan kuku hewan semua dalam kondisi baik dan bersih," terangnya. (BB)