PKK Jembrana Gelar Pasar Murah, Nilai Transaksi Capai 72 Juta Rupiah sehari

  12 Januari 2023 EKONOMI Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Menjelang hari raya Kuningan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana bekerjasama dengan bank BPD Bali dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Jembrana menggelar pasar murah di area parkir Gedung Sentra Tenun Jembrana, Kamis (12/1).

Tercatat total hasil penjualan pada pasar murah tersebut mencapai Rp 72.750.000 dengan komoditi yang dibeli oleh masyarakat didominasi kebutuhan dasar seperti sembako dan buah-buahan sebagai persiapan menyambut hari raya Kuningan.

Dari 19 pedagang, stand sembako dan buah-buahan memperoleh nilai transaksi paling banyak yang masing-masing mencapai Rp 20 juta, sedangkan untuk pedagang lainnya yang rata-rata menjual makanan nilai transaksi bervariasi mulai dari Rp 1 juta - Rp 6.5 juta.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini sebagai upaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang hari raya Kuningan.

"Dalam rangka menyambut hari raya Kuningan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana bersinergi dengan bank BPD Bali, Dinas Koperindag, UP2K dan UMKM yang ada di kabupaten Jembrana mengadakan pasar murah untuk memenuhi kebutuhan hari raya Kuningan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang turut hadir didampingi Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna dan Sekda I Made Budiasa mengapresiasi pelaksanaan pasar murah, terutama atas keikutsertaan para pelaku UMKM dalam kegiatan tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana dan Dinas Koperindag, tentu kegiatan ini sangat positif, apalagi kita lihat sekarang disini yang ikut meramaikan adalah teman-teman dari UMKM, dan ternyata kurang dari dua jam semua habis terjual dan ini membanggakan sekali, ini menandakan pasar murah ini sukses digelar," ujar Bupati Tamba.

Dalam kesempatan tersebut juga, pihaknya mengucapkan selamat menyambut hari raya Kuningan. Dan berdoa agar program-program Pemerintah Kabupaten Jembrana dapat tercapai dan berjalan dengan baik.

"Saya bersama Bapak Wakil Bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Jembrana mengucapkan selamat menyambut hari raya Kuningan, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberkati kita, sehingga apa yang kita rencanakan menuju Jembrana Emas Tahun 2026 bisa tercapai," tandasnya.

Disisi lain, Putu Suastini yang merupakan salah satu pengunjung mengaku senang atas diadakannya pasar murah tersebut. Ia mengatakan bahwa harga barang-barang yang dijual di pasar murah tersebut cukup bersaing dan itu sangat membantu masyarakat Jembrana dalam mengambut hari raya Kuningan.

"Tadi ada juga alat-alat banten, dan kebetulan kami juga membeli makanan dan harganya memang lebih murah dari harga umumnya.  Ini meringankan masyarakat Jembrana dalam mengurangi pengeluaran menyambut hari raya Kuningan," pungkasnya. (Rls/BB)