Pimpin Bhakti Penganyar Pemkab Jembrana, Bupati Tamba Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan Umat

  15 Januari 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Banyuwangi. Memasuki tahun baru 2023 untuk mempersiapkan diri dalam tugas melayani masyarakat Kabupaten Jembrana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna serta seluruh OPD Kabupaten Jembrana melaksanakan perjalanan spiritual di Kabupaten Banyuwangi. Berawal melakukan pengelukatan di Penglukatan Gumuk Kancil Lereng Gunung Rawung Banyuwangi.

Perjalanan selanjutnya rombongan menuju Pura Kahyangan Gunung Raung yang terletak Dusun Wonoasih, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore Banyuwangi yang merupakan Payogan Maha Rsi Markandeya yang masih dalam proses perehaban padamasana. Rombongan disambut dengan hangat oleh para warga.

Perjalan terakhir rombongan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana melaksanakan bhakti penganyar di Pura Agung Blambangan serangkaian pujawali di Pura Agung Blambangan yang terletak di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuangi pada rahina Manis Kuningan dipimpin langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Adapun puncak pujawali di pura Agung Blambangan tersebut jatuh setiap 6 bulan sekali atau tepatnya pada hari raya Kuningan. Dalam bhakti pengayar yang dipuput oleh Ida Pedanda Rsi Agung Pinatih Kusuma Yoga dari Griya Kertha Yoga Talikup Gianyar, persembahyangan berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Saat dikonfirmasi awak media usai melakukan persembahyangan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan spiritual baik secara sekala dan niskala harus tetap seimbang.  Untuk itu pihaknya meyakini bahwa kekuatan dunia niskala spritual itu tetap dibutuhkan kepada kita semua.

“Apalagi saya sebagai pemimpin di Jembrana saya harus tetap dengan petunjuk beliau  dan merasa juga dalam kegiatan sehari-hari digerakkan dibantu oleh ida Sang Hyang Widhi Wasa, ” ungkap Bupati asal desa Kaliakah. Minggu (15/1)

Bupati Tamba juga menjelaskan pelaksanaan Bhakti Penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Agung Blambangan, sekaligus memohon keselamatan, serta kesejahteraan alam semesta.

“Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Agung Blambangan agar menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Pujawali Susanto menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran orang nomor satu di Jembrana berserta seluruh rombongan untuk melaksanakan agenda rutin bhakti pengayar di pura Agung Blambangan ini.

“Puncak pujawali Ida Bhatara sudah dilangsungkan kemarin, bertepatan rahina Kuningan dan nyejer selama 3 hari, sampai dengan hari Selasa (17/1/2023) dilaksanakan panyineban,” tandasnya