Peringati Hari Nelayan dan Bumi, Dosen Prodi Teknologi Pangan FTP Unud Berdayakan Petani Rumput Laut di Desa Lembongan

  03 Mei 2022 PENDIDIKAN Klungkung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Dalam rangka memperingati Hari Nelayan dan Hari Bumi Nasional yang diperingati pada 6 April 2022, dosen Program Studi Teknologi Pangan Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc dan I Desak Putu Kartika Pratiwi, S.TP., M.P. berkolaborasi dengan Yayasan Cakra Abhipraya Responsif Regional Bali mengadakan program pemberdayaan masyarakat khususnya petani rumput laut di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat, 22 April 2022.

Yayasan Cakra Abhipraya Responsif merupakan yayasan sosial yang berfokus dalam bidang anak, kemanusiaan dan lingkungan. Kolaborasi yang dilakukan antara Yayasan dengan Dosen Prodi Teknologi Pangan adalah membantu memecahkan permasalahan petani rumput laut di Desa Lembongan dengan memberikan edukasi dan praktik tentang Pengelolaan Daya Tahan Produk dan Standarisasi Izin PIRT dan BPOM.

Dosen Program Studi Teknologi Pangan Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc dan I Desak Putu Kartika Pratiwi, S.TP., M.P. memberikan masukan cara berproduksi yang baik, perbaikan proses produksi untuk minuman sari segar dari rumput laut sehingga produk yang dihasikan memiliki masa simpan yang lebih panjang.

Ayu Nocianitri juga melaporkan bahwa petani sudah memproduksi minuman sari segar rumput laut, namun memiliki permasalahan yaitu masa simpannya yang pendek. ‘’Sehingga kami memberikan edukasi, masukan dan perbaikan dalam proses produksi minuman yang dihasilkan sehingga minuman yang dihasilkan memiliki masa simpan yang lebih panjang,’’ ujarnya.(BB). 

Sumber : www.unud.ac.id