Peringatan HLUN ke-26, Beri Perhatian Khusus Untuk Para Lansia

  12 Agustus 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba memberikan nasi tumpeng kepada salah satu lansia saat Peringatan HLUN ke-26

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba beserta Ibu Candrawati Tamba bersama Wabup, I Gede Ngurah Patriana Krisna beserta Ibu Inda Patriana Krisna hadir pada acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ke-26 Tahun 2022 bertempat di GKBK. Hadir pula Forkopimda, Sekda, Asisten Sekda, Kepala OPD, dan Camat. 

Peringatan Hari Lanjut Usia secara Nasional ke-26 dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2022 yang dilakukan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk di Bali juga dilaksanakan peringatan HLUN yang dipusatkan di Wantilan DPRD Provinsi Bali diikuti Lansia Jembrana.

Ketua Panitia Pelaksana dan juga Kadis Sosial I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, peringatan HLUN di Jembrana dilakukan serangkaian HUT Kota Negara ke-127, HUT Provinsi Bali ke-64, dan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 untuk lebih menyemarakkan penyelenggaraan kegiatan HUT Kota dan HUT Kemerdekaan RI. "Peringatan HLUN yang dihadiri sekitar 300 lansia yang tergabung dalam Yayasan Wreda Sejahtera Jembrana wujud Pemkab hadir sebagai wakil negara memberikan perhatian khusus kepada lansia untuk mewujudkan lansia sejahtera, mandiri, dan bermartabat," terangnya.

 Adapun tema Nasional: Bersama lansia sehat Indonesia kuat dan sub tema Jembrana, yaitu Bersama lansia sehat Menuju Jembrana Bahagia. Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara pribadi, pemerintah dan masyarakat Jembrana mengucapkan Selamat Hari Lanjut Usia ke-26. Menurutnya menjadi tua memang kepastian tetapi menjadi berdaya guna di usia senja adalah sebuah pilihan yang terbaik. Ditambahkannya, pemerintah Kabupaten Jembrana telah memasukkan isu lansia sebagai salah satu dari program prioritas Kabupaten Jembrana. 

"Kita memiliki pandangan bahwa lansia adalah bagian dari kita semua, yang sudah seharusnya tetap bahagia dan produktif sesuai dengan kapasitas dan kualitas kesehatannya. Oleh karena itu, untuk menyongsong Jembrana emas tahun 2026 lansia Jembrana dapat menjadi harapan baru. Pada lansia Jembrana harapannya dapat menjadi lansia yang potensial selalu sehat, melek informasi dan literasi, aktif, tetap produktif dan tangguh," ucap Tamba. Jumat (12/8/2022)

Lebih lanjut, pemerintah Kabupaten Jembrana telah memberikan bantuan Boga Tresna Werdha bagi lansia non potensial berupa makanan jadi bagi lansia miskin/kurang mampu dan/atau terlantar. Harapannya pada lansia dapat lebih sehat dan bahagia serta memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Ada 300 lebih yang sudah diberikan di Tahun 2022 untuk asupan makan pagi dan siang. 

"Mohon doa nya agar bisa terus berlanjut dan bertambah jumlahnya. Pemerintah Kabupaten Jembrana juga telah menjalankan pelayanan home care yaitu pelayanan kesehatan kunjungan ke rumah-rumah melalui program JKK Plus dengan tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berupa layanan home care, emergency medical service, dan aplikasi Med care untuk konsultasi kesehatan online. Mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya, kalau "pengelingsir tiang" (Para Lansia Saya) belum mengerti silahkan tanyakan ke Lurah/Prebekelnya," jelas Tamba. 

Momentum peringatan Hari lansia nasional ke-26 ini yang dirangkaikan dengan Hut Kota Negara ke-127, HUT Provinsi Bali ke-64, dan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dapat kita maknai bersama sebagai bendera start untuk melindungi dan memenuhi hak lansia.

"Mari kita optimalkan potensi lansia dan memandang lansia sebagai salah satu aset bagi kemajuan bangsa titik lansia yang sehat harus didampingi agar tetap terjaga kesehatannya dan mampu Mandiri selama mungkin, tutup Bupati asal Kaliakah, Kecamatan Negara," tandasnya. (BB)