Percepat Transformasi Digital, Bro Baja Maheswara PSI dan TKN Fanta Digital Berikan Layanan Internet Gratis Bagi UMKM Bali

  12 Januari 2024 EKONOMI Badung

Foto: TKN Fanta Digital Bali dan Baja Maheswara caleg PSI yang maju ke DPRD Kabupaten Badung Dapil Kuta Utara nomor urut 3 melaunching Layanan Internet Gratis UMKM binaan pada Jumat, 12 Januari 2024.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia salah satu kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bro Baja Maheswara berkolaborasi dengan TKN Fanta Digital, bagian dari Tim Fanta di TKN Prabowo - Gibran bertanggung jawab mengelola pemilih muda khususnya di bidang digita meluncurkan program layanan Internet Gratis bagi para UMKM di Bali khususnya di Kabupaten Badung.

Peluncuran program Internet Gratis “Free-Fi Vibes, Akses Internet Gratis, No Drama” oleh TKN Fanta Digital Bali, bekerja sama dengan Baja Maheswara yang dikenal sebagai tokoh Muda Badung yang juga pengusaha muda ini dimulai pada Jumat, 12 Januari 2024. Hal ini bertujuan untuk menguatkan posisi UMKM di Bali dalam kancah digital, mendukung mereka dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Bro Baja Maheswara yang juga dikenal sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Badung Dapil Kuta Utara nomor urut 3 dari PSI bersama TKN Fanta Digital Bali ini secara resmi melaunching Layanan Internet Gratis UMKM binaan di empat lokasi berbeda di Kabupaten Badung, Bali yang menandai dimulainya era baru bagi UMKM di Bali agar bisa naik kelas dan go digital.

Peluncuran pertama dilakukan di Soto Sapi 88 di Perumahan Dalung Permai dengan owner Eka Adinata. Kedua, di Graslei Koffiehuis di Jl. Kubu Gunung, Kuta Utara dengan owner Agung Prawira.  Ketiga, di Kubu Cheers Cafe & Bilyard di Sebelah Kampus Triatma Mulya dengan owner Komang Edi Tiratayasa. Keempat, Babi Guling Rahayu, Perumahan Dalung Permai.

Acara diisi dengan kegiatan branding Launching layanan Internet Gratis UMKM binaan TKN Fanta Digital Bali bersama Bro Baja Maheswara berupa pemasangan spanduk dan banner. Lalu sosialisasi Layanan Internet Gratis (How To Use).

Selain itu diisi juga video call dengan Muhammad Arif sebagai Koordinator TKN Fanta Digital dan ucapan terima kasih dari pemilik UMKM kepada TKN Fanta digital dan Bro Baja Maheswara sebagai fasilitator program Internet Gratis UMKM Bali.

Terkait peluncuran ini, TKN Fanta Digital dan Baja Maheswara Caleg PSI yang maju ke DPRD Kabupaten Badung Dapil Kuta Utara nomor urut 3 menyatakan pihaknya berkomitmen menjadi bagian menuju masa depan digital yang lebih inklusif serta berkelanjutan di Kabupaten Badung. 

Koordinator TKN Fanta Digital Muhammad Arif menyampaikan dalam video call pihaknya bangga meluncurkan program yang memberdayakan UMKM di Bali.  “Internet gratis ini adalah langkah pertama kami dalam mendukung digitalisasi UMKM untuk masa depan yang lebih cerah,” kata Muhammad Arif.

Melalui program ini, Muhammad Arif mengaku pihaknya tidak hanya menyediakan akses internet, tetapi juga membuka pintu bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan operasi dan pemasaran mereka. Hini tentu membuat para pelaku UMKM di Badung kompak menyampaikan rasa terima kasih dan antusiasme atas program ini dan mereka percaya bahwa ini akan menjadi titik balik dalam upaya mereka menghadapi tantangan digital.

“Ini hanya awal dari perjalanan kami. Kami bertekad untuk terus mendukung dan memotivasi UMKM di Bali agar dapat tumbuh dan berkontribusi secara signifikan dalam mencapai Indonesia Emas 2045,” jelas Muhammad Arif.

Sementara, Bro Baja Maheswara adalah inisiator dan fasilitator program Internet Gratis UMKM Bali ini mengungkapkan bahwa ide tersebut berasal dari TKN Fanta digital yang berkolaborasi dengan PSI Badung. "Sebenarnya inisiatif kolaborasi aja antara saya dengan TKN Fanta digital,” ucap Bro Baja.

Lebih jauh Bro Baja mengatakan bahwa spirit dari layanan internet gratis bagi para pelaku UMKM adalah untuk mempercepat adopsi teknologi di sektor UMKM. Menurutnya selama ini keluhan atau kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah akses internet cepat. Bro Baja menegaskan, program penyediaan layanan internet gratis bagi UMKM tersebut merupakan inisiasi dirinya sendiri yang kemudian mengajak kolaborasi TKN Fanta Digital, mengingat Bro Baja sendiri kenal dengan Koordinator TKN Fanta Digital tersebut.

Bro Baja Maheswara juga menjelaskan, saat badai pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan Bali khususnya, sektor pariwisata benar-benar terpuruk dan turut berdampak terhadap sektor UMKM. Dengan inisiatif internet gratis tersebut Bro Baja Maheswara ingin mencoba membantu UMKM agar dapat bertumbuh lagi.

"Kami lihat dari sisi kami dibidang teknologi, itu banyak teman-teman yang baru tamat sekolah, baru tamat SMA, baru tamat kuliah itu sudah mulai mencoba membuka usaha UMKM seperti angkringan, tempat nongkrong, kafe-kafe seperti itu, nah kami berharap dapat membantu mereka,” ungkapnya.

Di tahap awal ini ada 4 UMKM yang disasar untuk mendapatkan layanan internet gratis tersebut. Bro Baja Maheswara kemudian menargetkan 10 titik UMKM yang akan dibantu untuk mendapatkan akses internet gratis tersebut. UMKM yang disasar adalah yang banyak dikunjungi oleh anak-anak muda sehingga dengan internet gratis tersebut bisa menstimulasi mereka untuk lebih kreatif dan memiliki ide untuk membuat usaha.

"Kami berikan layanan internet gratis tentunya, 100 mbps, dan pelayanan komunikasi dengan relasi-relasi baru karena kita banyak punya komunitas yang sudah kita bina, teman-teman UMKM, teman-teman yang bergerak dibidang teknologi. Jadi kita arahkan untuk tempat berkomunikasinya itu di titik-titik UMKM itu,” sebut Bro Baja.

Pihaknya tidak hanya memberikan fasilitas internet gratis dan berkomitmen mendukung hadirnya perubahan positif di Pulau Dewata, khususnya Bumi Keris Badung tetapi juga membuat sebuah komunitas yang nantinya bisa melahirkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan usaha atau melahirkan startup-startup baru. Bro Baja memang terus berkomitmen untuk terus menjembatani anak-anak muda dan para pelaku UMKM dengan relasi-relasi baru sehingga diharapkan anak-anak muda tersebut tidak hanya sekedar nongkrong, tetapi juga melahirkan ide-ide kreatif untuk membangun usaha.

“Kami di PSI Kabupaten Badung berkomitmen mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari upaya kami menghadirkan perubahan positif di masyarakat,” terangnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DP) PSI Kabupaten Badung, Wayan Mudita. “PSI Kabupaten Badung berkomitmen memajukan UMKM di Bali, membuka jalan menuju masa depan digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” tegas  politisi PSI yang akrab disapa Bro Kevin ini.

Sedangkan I Putu Sukarma Eka Adinata selaku owner Soto Sapi 88 di Perumahan Dalung Permai dan mitra TKN Fanta Digital menyatakan kegembiraannya. “Program ini membuka banyak peluang untuk kami berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas,” kata pria asal Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan ini.

Tak lupa Ia mengucapkan terima kasih atas program layanan Internet Gratis UMKM binaan TKN Fanta Digital Bali bersama Bro Baja Maheswara ini. Dia mengatakan bahwa dari awal berdirinya usahanya tersebut sudah disupport oleh Bro Baja Maheswara. Usahanya tersebut saat ini sudah berjalan selama kurang lebih 2 tahun dan tahun 2024 ini sudah masuk tahun ke-3.

"Sebelumnya tiang memang belum memasang fasilitas free wifi atau free internet. Tapi dengan adanya fasilitas niki suasana yang ada di tempat usaha tiang niki semakin menarik karena tempat nongkrongnya enak dengan adanya fasilitas wifi. Jadi bisa menambah nilai jual,” katanya.

Eka Adinata berharap ke depannya komunitas-komunitas UMKM bisa menjadi lebih baik dan maju serta berkembang dengan adanya program internet gratis tersebut. Jadi dalam hal ini para pelaku UMKM benar-benar disupport sebagai sebuah usaha yang memang berkembang secara mandiri.

"Jadi benar-benar disupport kita sebagai sebuah usaha yang memang tanpa harus menduplikat ide dari usaha lain, yang memang kita kembangkan secara mandiri,” tuturnya.

Eka Adinata memberikan apresiasinya kepada TKN Fanta digital yang telah berkolaborasi dengan Bro Baja Maheswara untuk menyediakan layanan internet gratis bagi para pelaku UMKM. Kedepannya ia berharap para pelaku UMKM semakin adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi, khususnya di bidang digitalisasi. Menurutnya dengan beralih ke digital sangat memudahkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan atau menjual produk-produk mereka. 

"Saya berharap pengusaha-pengusaha muda tidak takut lagi untuk memulai sebuah usaha. Bukan hanya karena keterpaksaan, tapi memang ada sebuah peluang atau fasilitas yang bisa memberikan mereka sebuah dukungan. Setidaknya memberikan mereka support dalam hal penyediaan fasilitas atau media seperti itu. Itu sih harapan tiang kedepannya,” ungkapnya.

Sementara itu, owner Graslei Koffiehuis, Agung Prawira. Dia menambahkan inisiatif ini adalah kesempatan emas bagi pelaku UMKM untuk mengoptimalkan bisnis di era digital. Pada puncak acara, owner Kubu Cheers Cafe & Billiard, Komang Edi Tirtayasa layanan digital ini sangat bermanfaat. “Layanan ini sangat berarti, terutama dalam membantu kami memperluas jangkauan pasar kami ke Gen-Z yang senang dengan koneksi internet cepat," pungkasnya.(BB).