Pengaruh Sengketa Pajak pada Nilai Perusahaan Antarkan Naniek Novairi Raih Doktor FEB Universitas Udayana

  14 Juli 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Mahasiswa Program Studi Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana atas nama Naniek Novairi, S.E., M.Si., Ak., melaksanakan Sidang Promosi Doktor dan resmi menyandang Gelar Doktor pada Kamis, 13 Juli 2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Denpasar. Mahasiswa Program Studi Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana atas nama Naniek Novairi, S.E., M.Si., Ak., melaksanakan Sidang Promosi Doktor dan resmi menyandang Gelar Doktor pada Kamis, 13 Juli 2023.

Sidang Promosi Doktor ini dipimpin oleh Ketua Sidang yakni Bapak Prof. Dr. Ida Bagus Anom Purbawangsa, S.E, M.M. selaku Koordinator Program Studi Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Riwayat pendidikan Promovenda Naniek Novairi, S.E., M.Si., Ak, yaitu Lulus S1 Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Tahun 2001 dan Lulus S2 Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Tahun 2007. Adapun tema Disertasi yang diangkat oleh promovenda yang mampu membawa promovenda meraih gelar doktor adalah Pengaruh Sengketa Pajak pada Nilai Perusahaan.

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemakmuran para pemegang saham melalui pengoptimalan nilai perusahaan. Tujuan optimalisasi nilai perusahaan seharusnya dijadikan landasan dalam menentukan keputusan-keputusan perusahaan termasuk keputusan terkait dengan sengketa pajak. 

Sengketa pajak sangat diperhatikan oleh para stockholder sehingga berpengaruh pada nilai perusahaan, oleh karena itu riset tentang pengaruh sengketa pajak pada nilai perusahaan penting dilakukan. Penelitian ini menguji pengaruh sengketa pajak pada nilai perusahaan dengan komite manajemen risiko, kualitas auditor eksternal, dan profil industri sebagai pemoderasi.

Hasil penelitian menemukan bahwa sengketa pajak berpengaruh negatif pada nilai perusahaan. Profil industri (high profile industry) memoderasi pengaruh sengketa pajak pada nilai perusahaan. Keberadaan komite manajemen risiko dan keberadaan auditor eksternal yang berkualitas tidak memoderasi pengaruh sengketa pajak pada nilai perusahaan. 

Sidang Promosi Doktor ini bertempat di Gedung BH Lantai 3.4 FEB Unud-Sudirman, dimana Promotor dari Promovenda adalah Bapak Prof. Dr. I Gst. Bgs. Wiksuana, S.E., M.S., dan untuk Ko - Promotor I yakni Ibu Dr. Luh Gede Sri Artini, S.E., M.Si., dan Ko - Promotor II adalah Bapak Dr. I Putu Sudana, SE., Ak., M.S.Acc. 

Promosi doktor ini juga dihadiri oleh empat orang udangan akademik yang terdiri dari Dr. I Made Surya Negara Sudirman, S.E., Ak., M.M., Ni Nyoman Diantini, S.E., M.M., Ph.D., Dr. Putu Ayu Andiena Nindya Putri, S., E., M.B.A., serta Dr. Ida Ayu Surasmi, S.E., M.M., Ak. Promovenda merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang berhome base di Program Diploma III Perpajakan. Promovenda berhasil lulus ujian dengan predikat Dengan Pujian (Cumlaude) dengan masa studi 2 tahun 11 bulan.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3273-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-NANIEK-NOVIARI-S-E-M-SI-AK-PROGRAM-STUDI-DOKTOR-MANAJEMEN-FAKULTAS-EKONOMI-DAN-BISNIS-UNIVERSITAS-UDAYANA.html