Pengamanan Nataru 2022 Akan Melibatkan K9 di Pelabuhan Gilimanuk

  22 Desember 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba berama Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana serta Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja saat pengecekan kesiapan pasukan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Polres Jembrana bersama Forkopimda Kabupaten Jembrana mengadakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung 2022 serangkaian pengamanan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang bertempat di halaman Mapolres Jembrana. Adapun personil yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut sebanyak 166 anggota Polri digabungkan dengan anggota TNI dalam hal ini dari Kodim 1617 Jembrana.

Apel dipimpin langsung Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gede Juliana didampingi  Bupati Jembrana I Nengah Tamba serta Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja. Operasi Lilin Agung 2022 akan dimulai pada tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Saat usai apel, Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana mengatakan, selain mengamankan hari Natal juga paling dipokuskan pengamanan pergantian tahun 2022-2023, pengamanan akan dipusatkan di Sirkuit All in One Pengambengan, Kecamatan Negara. Selain itu juga menyiapkan pola pengaturan arus lalu lintas selama arus mudik dan arus balik.

"Kita sudah siapkan pola pengamanan serta pengaturan arus lalulintas. Jadi nanti arus balik dari momen nataru ini yang menjadi perhatian. Karena ini nanti waktunya mungkin berbarengan. Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak pengelola pelabuhan yakni ASDP Gilimanuk untuk menyiapkan pengelolaan sistem tiketing.  Sebab, nantinya diprediksi akan menimbulkan kemacetan arau antrian saat pembelian tiket," terangnya. Kamis ( 22/12/2022)

Menurutnya penyebrangan atau kapal nanti akan menjadi kuncinya. Transportasi harus dipersiapkan dengan baik, dan pihak ASDP sudah menyiapkan itu (penambahan). Pemeriksaan diperketat saat untuk orang yang akan berlibur ke Bali terutama pemeriksaan terhadap barang dan kendaraan untuk antisipasi adanya barang berbahaya.

"Dalam pemeriksaan tersebut, akan dilengkapi dengan alat seperti metal detektor dan mirror detektor. Kemudian juga menyiapkan gerai vaksinasi bagi warga. Nanti juga akan melibatkan anjing pelacak atau K9. Pembatasan oprasional truk barang juga sudah disosialisasikan ke masyarakat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan wilayah luar Jembrana agar mengurangi penumpukan kendaraan di Gilimanuk," jelasnya.

Sementara Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja mengatakan, pihaknya dalam hal ini mendukung penuh Polres Jembrana  "Kita juga menyiagakan personel untuk melaksanakan patroli bersama menjelang perayaan hari raya Natal maupun malam Tahun Baru," jelas Dandim Teguh

Teguh menambahkan, dalam pelaksanaan pangamanan menjelang dan pasca hari raya hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tentu pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polres Jembrana. Dirinya berharap pelaksanaan Natal dan Tahun Baru bisa berjalan dengan lancar dan stabilitas keamanan wilayah Kabupaten Jembrana tetap kondusif. (BB)