Pengabdian di Desa Sidan, LPPM Unud Bersama Duta Digital Desa Cerdas Kemendes PDTT Wujudkan Smart Village

  14 November 2022 PENDIDIKAN Gianyar

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) melalui Program Udayana Untuk Masyarakat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kissidan Ecohill, Desa Sidan, Gianyar.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Dengan mengambil tema “Membangun Kolaborasi dan Jejaring dalam Turut Wujudkan Smart Village Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemnedes PDTT) di Provinsi Bali”, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) melalui Program Udayana Untuk Masyarakat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kissidan Ecohill, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Senin (14/11/ 2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Pedesaan, Ni Made Roti, S.Sos, M.Si., Perbekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa, S.Sos., Penggerak PKK, perangkat desa Sidan, Duta Digital Desa Cerdas Gianyar Kemendes PDTT, Tim Pengabdi LPPM Unud, Pengelola Bumdes, KWT (Kelompok Wanita Tani), UMKM, dan Pokdarwis Desa Sidan.

Ketua LPPM Unud, Prof. Suarsana dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membangun kolaborasi dan jejaring untuk turut mewujudkan smart village dari Kemendes PDTT di Provinsi Bali.

Terbentuknya desa cerdas menjadi perhatian utama dalam kegiatan ini, dimana desa cerdas memiliki maksud sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, terutama pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa.

Terdapat dua sub – tema dalam kegiatan ini, yang pertama adalah membangun BUMDes dan UMKM, dan yang kedua adalah meningkatkan tata kelola desa. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kesejahteraan masyarakat dapat meningkat melalui desa cerdas, meliputi aspek hidup cerdas, ekonomi cerdas, lingkungan cerdas, masyarakat cerdas, dan pemerintahan desa yang cerdas.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Pedesaan, ketika diwawancarai menyampaikan, mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gianyar, diharapkan melalui kegiatan pengabdian ini, Desa Sidan dapat berkembang sesuai dengan harapan yaitu dapat mewujudkan desa wisata, sekaligus menjadi harapan Bupati Gianyar dalam hal pengembangan daerah wisata di wilayah Gianyar bagian timur, yang dapat mengundang wisatawan lokal maupun internasional.

Hadir sebagai narasumber untuk topik ”Bangkitkan Gairah Desa Wisata Untuk Wujudkan Tata Kelola dan Ekonomi Cerdas di Desa Sidan”, Dr. Ni Ketut Arismayanti, SST.Par., M.Par. (Dosen FPAR Unud) dan Dewa Gede Wisnu Arimbawa (Praktisi Pemasaran Pariwisata), serta topik ”Strategi Entrepreneur dan Digital Marketing untuk BUMDes dan UMKM” disampaikan oleh I Dewa Made Krishna Muku, ST., MT. (Rektor INSTIKI sekaligus enterpreneur). Dimoderatori oleh NMAE Dewi Wirastuti, PhD. (Sekretaris LPPM Unud) dan Dr. I Ketut Mangku Budiasa, S.Pt, M.Si (Dosen FAPET Unud).(BB). 

Sumber: www.unud.ac.id