Pendidikan Politik Rangkul Kader Baru Gen Z dan Milenial, NasDem Denpasar Optimis Capai Target Kursi Legislatif

  12 Februari 2023 POLITIK Denpasar

Foto: Pengurus DPD NasDem Kota Denpasar, pengurus DPW NasDem Provinsi Bali berfoto bersama para peserta pendidikan politik di Kantor DPW Partai NasDem Provinsi Bali, pada Minggu 12 Februari 2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dalam rangka merekrut kader-kader baru dan mengajak anak-anak muda agar tidak apatis dengan politik serta meningkatkan pemahaman tentang demokrasi jelang 2024, DPD Partai NasDem Kota Denpasar menggelar pendidikan politik di Kantor DPW Partai NasDem Provinsi Bali, pada Minggu 12 Februari 2023 yang diikuti ratusan warga Denpasar yang mayoritas dari generasi Z dan milenial.

Pendidikan politik dari DPD Partai NasDem Denpasar yang diikuti sebanyak sekitar 223 orang ini menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPP Partai NasDem Lathifa Marina Al Anshori, dosen FISIP Universitas Udayana Dr. I Gusti Agung Alit Suryawati, Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya, Ketua Bawaslu Kota Denpasar Putu Arnata.

Pendidikan politik dengan tema “Meningkatkan Indeks Demokrasi Bangsa yang Lebih Bermartabat” ini diikuti dengan antusias oleh ratusan warga Denpasar yang mayoritas dari Gen Z atau generasi Z  dan kaum milenial. Pendidikan politik dalam menjaring calon pemilih ini juga menjadi bagian penguatan konsolidasi internal NasDem Denpasar untuk mencapai target di Pemilu 2024 yakni merebut 5 kursi atau satu fraksi gemuk di DPRD Denpasar, 1 kursi DPRD Bali dapil Denpasar dan merebut 1 kursi DPR RI.

Ketua Panitia Pendidikan Politik DPD Partai NasDem Denpasar Yudi Janwar Pratama menerangkan peserta pendidikan politik ini sebanyak 223 orang peserta dari berbagai latar belakang dan mayoritas diikuti anak-anak muda gen Z dan milenial. "Sebenarnya kuota pesertanya 200 orang tapi antusias anak-anak muda sangat tinggi. Hal ini membuktikan Partai NasDem sudah ada di hati mereka," terang Yudi Janwar.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Denpasar Dewan Nyoman Budiasa mengatakan pendidikan politik ini menjadi penting untuk menyadarkan masyarakat bahwa hasil dari kegiatan politik adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Ia berharap setelah acara pendidikan politik ini kader baru akan menularkan apa yang mereka dapat dalam pendidikan politik tersebut.

“Harapan saya setelah acara pendidikan politik ini, kader baru akan menularkan apa yang mereka dapat. Termasuk merubah mindset politik keluarga dan orang-orang disekitar sehingga nantinya bisa bersama-sama bersatu membangun Bali," ucap Dewa Budiasa yang juga bakal Caleg DPR RI dari Partai NasDem ini.

Foto: Ketua DPD Partai NasDem Kota Denpasar Dewan Nyoman Budiasa. 

Pasca Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden, Dewa Budiasa yang dikenal dengan tagline Duwe Nyame Bali (DNB) ini berharap masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu yang menyudutkan NasDem sebagai partai yang mengusung politik identitas.

Sesuai dengan tagline NasDem Bali, Dewa Budiasa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu membangun Bali dan bersama-sama bersatu berjuang dan untuk memenangkan rakyat, untuk memenangkan pola pikir masyarakat dan untuk memenangkan hati masyarakat, serta memberikan edukasi bahwa negara dan Bali ini adalah milik masyarakat.

"Siapapun warga Bali, siapapun yang ada didalam nya, siapapun yang telah memberikan kontribusi besar pada Pulau Dewata ini. Partai NasDem tetap berdasarkan ideologi Pancasila,” tegas Dewa Budiasa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Bali Anak Agung Ngurah Gede Widiada menyatakan bergabungnya kader-kader baru NasDem dari berbagai elemen dan latar belakang yang multikultur dan pluralis ini juga meneguhkan komitmen politik kebangsaan Partai NasDem.

Politisi senior yang akrab disapa Gung Widiada ini optimis NasDem mampu mencapai target kursi legislatif di semua tingkatan di Bali pada Pemilu 2024. Gung Widiada yang juga Anggota DPRD Kota Denpasar dari Partai NasDem ini menyebut Denpasar adalah barometer politik provinsi Bali.

Foto: Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Bali Anak Agung Ngurah Gede Widiada. 

"Kami optimis NasDem mampu mencapai target kursi legislatif di semua tingkatan di Bali. Partai NasDem selama dua periode mengikuti Pemilu sudah mendapatkan hasil yang membanggakan yang patut kita syukuri. Di Pemilu 2024 kami optimis merebut 5 kursi DPRD Kota Denpasar," kata politisi senior asal Puri Peguyangan Denpasar ini.

Sementara, Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPP Partai NasDem Lathifa Marina Al Anshori dalam pendidikan politik ini menekankan bahwa yang diutamakan NasDem kepada kader-kader mudanya adalah untuk menjadi politisi yang manusiawi dan menyadari bahwa anak muda itu juga sama-sama ingin bisa maju di politik.

Menurut Lathifa, dalam partai pihaknya juga terus mensupervisi para anak-anak muda yang bergabung ke NasDem agar mereka bisa lebih maksimal dalam meraup pengalaman yang lebih di politik. Lathifa juga optimis dengan kekuatan dukungan anak muda, generasi Z dan milenial, Nasdem Denpasar dapat meraih lima kursi atau satu fraksi gemuk di DPRD Kota Denpasar.

"Salah satu caranya adalah memberikan pendidikan politik dasar serta seperti yang dilakukan oleh DPD Kota Denpasar. Tentu banyak strategi lainnya untuk memenangkan pemilu 2024," jelasnya.(BB).