Pendatangan Nota Kesepakan Antara Pemkab Bangli dan Pemkab Klungkung Terkait Pengembangan Potensi Daerah

  25 November 2021 PERISTIWA Bangli

Ket poto : Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta tandatangani nota kesepakatan pengembangan potensi daerah dengan Pemkab Klungkung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Bangli dan Pemkab Klungkung tentang Kerja Sama Distribusi, Pemasaran Pangan, serta Pengembangan Potensi Daerah yang difasilitasi oleh BI Provinsi Bali secara virtual.

Pada kesempatan ini, pihak Bupati Bangli melangsungkan kegiatan di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Bangli yang juga dihadiri oleh Kabag PKKP, Kasubag Sarana Perekonomian dan Pengembangan Teknologi pada Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Bangli, serta Kasubag Pengendalian Kerkasama dan Tamu pada Bagian PKKP Setda Kabupaten Bangli, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membuat kesepakatan bersama dalam rangka pengendalian inflasi daerah dengan tujuan untuk memenuhi 4K yang meliputi Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi yang Efektif, serta meningkatkan potensi masing-masing daerah dalam rangka kesejahteraan rakyat.

Dalam kesempatan tu, Sedana Arta menyampaikan bahwa selama ini antara Kabupaten Bangli dan Kabupaten Klungkung telah bekerjasama sangat baik dalam hal bisnis masyarakat, dimana komoditi unggulan Bangli dikirim ke Klungkung, dan begitu pula sebaliknya. Ia mengatakan bahwa kerja sama ini sangat perlu dan penting untuk dilaksanakan.

“Kerja sama ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan, kelancaran, dan keamanan bagi para pelaku bisnis dalam bertransaksi serta membangun networking antara Pemkab Bangli dengan Pemkab Klungkung agar terbuka informasi dan peluang atas potensi masing-masing daerah untuk mendorong terciptanya sinergi dalam pencapaian tujuan,” jelas Sedana Arta.

Sedana Arta juga menambahkan mudah-mudahan dengan terjalinnya kerjasama ini kedepannya Kabupaten Bangli dan Kabupaten Klungkung bisa berlanjut terus, sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten masing-masing, terutama peningkatan pendapatan masyarakat dibidang pertanian dan perdagangan karena dimasa pandemi seperti sekarang ini sektor pertanian sangat menunjang perekonomian masyarakat,” yegas Sedana Arta

Penandatanganan kesepakatan bersama yang digelar merupakan awal kerja sama baru antara kedua kabupaten ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh I Nyoman Suwirta, akan ada pembicaraan lanjutan yang lebih mendetail lagi terkait perluasan dari kesepakatan ini. “Perjanjian ini kita awali dulu, nanti kita akan koordinasi lagi, akan dibicarakan lebih lanjut bagaimana secara detail nantinya kerjasama antara Bangli dan Klungkung dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang lain yang ada di Bali,” terangnya.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang juga hadir melalui zoom virtual, Rizki Ernandi Wimanda, pada akhir tahun 2021 ini, diperkirakan tingkat inflasi di Bali akan cenderung rendah dan stabil di kisaran 1,4 sampai 1,8 persen, yang mana ini dibawah target inflasi nasional. Selain itu ia pun menegaskan bahwa KAD menjadi suatu solusi efektif pemerintah daerah untuk mengendalikan ketersediaan pasokan bahan pangan sehingga bisa meminimalisir risiko terjadinya fluktuasi neraca yang signifikan.

“Kerjasama Antar Daerah atau KAD sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan pangan bersama. KAD yang dilakukan tentunya tidak hanya menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi di masing-masing daerah namun juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dengan adanya transaksi pada komoditas yang disepakati.” imbuhnya. (BB)