Penampilan Perdana Dalang Muda Jero Ledem 'Bangkitkan Gelak Tawa' Warga Banjar Bengkel

  07 April 2023 SOSIAL & BUDAYA Tabanan

Untuk pertama kalinya tampil di depan penonton, Dalang Putu Putra Adnyana atau akrab disapa Jero Dalang Ledem berhasil mengocok perut penonton di Banjar Bengkel, Desa Bengkel Sari, Selemadeg Barat, Tabanan pada Rabu (5/4/2023) malam.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Untuk pertama kalinya tampil di depan penonton, Dalang Putu Putra Adnyana atau akrab disapa Jero Dalang Ledem berhasil mengocok perut penonton di Banjar Bengkel, Desa Bengkel Sari, Selemadeg Barat, Tabanan pada Rabu (5/4/2023) malam.

Pergelaran balih-balihan usai dilaksanakannya upacara Pujawali Jelih Sesuhunan di Pura Puseh lan Desa Banjar Bengkel, Desa Bengkel Sari yang menampilkan Dalang anyar berusia remaja dari Suraberata, tak henti-hentinya berlakon kocak dalam pergelaran wayang yang mengambil lampah atau judul ‘Kunti Yadnya’. Selama penampilan, Jero Dalang Ledem sangat kreatif dalam meliuk-liukkan wayang serta memainkan nada suara layaknya Dalang Wayang yang sudah senior.

Jero Dalang Ledem mengungkapkan rasa syukurnya dapat ‘ngayah’ di Pura Puseh lan Desa Banjar Bengkel. “Titiang sangat berterima kasih kepada Jero Bendesa Adat serta Prajuru atas kesempatan yang diberikan untuk ngayah pada saat Pujawali Ida Betara driki ring Pura Puseh lan Desa Banjar Bengkel, yang mana Desa Adat Banjar Bengkel memiliki banyak potensi seni yang sudah terkenal sejak dulu, ada pragina senior Dadong Rerod yang berasal dari Desa ini," ungkap Jero Dalang yang berusia sangat muda ini.

Jero Dalang Ledem tak henti-hentinya mengucap syukur atas kesempatan ngayah perdana di depan penonton.

"Titiang juga menghaturkan banyak terima kasih kepada para penonton, tiang lihat antusias masyarakat di sini untuk memberikan semangat dan motivasi kepada saya dengan tertawa tak henti-hentinya, bahkan tepuk tangan pada saat saya memainkan wayang. Ini sangat berarti bagi saya, terlebih hari ini merupakan ngayah perdana saya," imbuhnya.

Dirinya berharap dan bertekad untuk meremajakan wayang, yang mana saat ini para generasi muda sudah sangat jarang untuk menonton pergelaran wayang kulit Bali, tetapi Jero Dalang Ledem berhasil menarik perhatian penonton dari kalangan anak-anak, remaja serta usia tua semua berkumpul antusias menonton pergelaran wayang Jero Dalang Ledem seraya bertekad untuk selalu siap ngayah dimanapun apabila dibutuhkan untuk ngayah balih-balihan.

Dihubungi secara terpisah, pada Jumat (7/4/2023), Jero Bendesa Adat Banjar Bengkel, Nyoman Dalem Soka Arta mengatakan, sangat mengapresiasi penampilan Jero Dalang Ledem. Di usia yang masih belia, Jero Dalang Ledem sudah mampu mengajeg-kan salah satu warisan seni Bali yang sudah mulai diabaikan generasi muda.

"Semoga pementasan wayang dari Jero Dalang Ledem dapat memotivasi generasi muda secara umum dan Yowana Banjar Bengkel khususnya untuk selalu berinovasi sekaligus menjaga, dan melestarikan warisan seni yang adiluhung," harap Jero Bendesa Adat mengakhiri.(BB).