Pemkot Denpasar Gelontorkan Bantuan Sosial Pasca Bencana Senilai Rp 535 Juta 

  14 Desember 2022 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menggelontorkan Bantuan Sosial Pasca Bencana Tidak Direncanakan, pada Rabu (14/12). Bantuan senilai total Rp 535 juta tersebut secara simbolis diserahkan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara kepada penerima bantuan di Kantor Wali Kota Denpasar. 

Jaya Negara menyampaikan, pemberian bantuan bagi masyarakat terdampak bencana ini mengacu pada Perwali Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pedoman Pemberian Santunan, Dan Bantuan Sosial Perbaikan Sarana Dan Prasarana Perekonomian, Rumah Masyarakat Serta Fasilitas Umum Korban Bencana. 

"Hari ini melalui BPBD, Pemkot Denpasar menyerahkan bantuan dengan total Rp 535 juta, dengan harapan bantuan ini dapat meringankan beban para warga. Oleh karena itu Bapak dan Ibu serta pihak keluarga kiranya tetap semangat dan kuat,” kata Jaya Negara sesaat sebelum menyerahkan bantuan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Arimbawa yang turut mendampingi Walikota mengatakan, pada periode Desember kali ini ada berjumlah total 15 penerima bantuan yang menerima bantuan sosial tersebut. 

Adapun para penerima bantuan tersebut terdiri dari korban bencana kebakaran, korban bencana puting beliung, tanah longsor dan juga fasilitas umum seperti balai banjar dan rumah ibadah. Kesemuanya merupakan korban terdampak bencana, seperti kebakaran, tanah longsor, puting beliung dan sebagainya. 

"Untuk nominal penerima bantuan  mulai dari 5 juta hingga maksimal 30 juta tergantung tingkat kerusakan bangunan. Sedangkan fasilitas umum bantuan berkisar dari 10 juta sampai dengan 100 juta rupiah," jelas Joni Arimbawa.

Dia menambahkan, bantuan yang diserahkan diharapkan bisa menjadi stimulan atau tambahan untuk sarana prasarana baik bagi perbaikan rumah tinggal maupun fasilitas umum terdampak bencana. 

"Mudah mudahan apa yang diserahkan hari ini bisa menjadi stimulan ataupun tambahan bagi para penerima bantuan ini. Demikian yang menjadi harapan kita bersama," lanjutnya. 

Di lain sisi, seorang warga penerima bantuan, I Kadek Sukreyasa warga Banjar Margajati, Pemecutan Kaja yang rumahnya mengalami kebakaran beberapa waktu lalu, mengucapkan terima kasih kepada Walikota Denpasar atas program bantuan yang diberikan kepadanya.

"Matur suksma atas bantuan ini. Tentu bantuan yang diterima hari ini sangat bermanfaat bagi saya sekeluarga di tengah kondisi yang kami alami. Bantuan ini sangat meringankan kami ditengah situasi dan kondisi seperti ini," pungkas Sukreyasa. (Rls/BB)