Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Penganyar di Pura Pucak Penulisan

  18 Oktober 2016 PERISTIWA Bangli

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Serangkaian Karya Pengurip Pala Bungkah Pala Gantung di Bali Kabeh di Pura Pucak Penulisan Gunung Wangun Urip , Kintamani, Bangli, Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan bakti penganyar, Selasa (18/10/2016). Rombongan penganyar yang dipimpin Wakil Bupati Klungkung Made Kasta didampingi Nyonya Sri Kasta beserta Kepala Kantor Kementerian Agama IB. Made Oka Yusa Manuaba dan jajaran SKPD dilingkungan Pemkab Klungkung disambut para prajuru setempat.

Dewa Soma selaku panitia wewantenan penganyar Pemkab Klungkung mengatakan, bakti penganyar ini wajib dilaksanakan selama Ida Bhatara katuran nyejer dalam upacara Ngusaba atau pujawali. Bakti penganyar ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Bhatara Bhatari utamanya Ida Bhatara yang berstana di Pura Pucak Penulisan Gunung Wangun Urip. Bakti penganyar diawali dengan natab banten prayascita dan dilanjutkan dengan kramaning sembah.

Upacara bakti penganyar selain dihadiri rombongan Pemkab juga diikuti ratusan pemedek lain. Persembahyangan berlangsung hikmat, dipuput Ida Pedada Gede Made Tembau Griya Kulon Aan. Seusai pesembahyangan, Wabup Kasta juga menghaturkan punia yang diterima panitia karya. Sementara itu, Ida Bathara Nyejer selama 11 hari sampai tanggal 23 Oktober. Selain dipura Puncak Penulisan, dihari yang sama rombongan Pemkab Klungkung juga melaksanakan bakti penganyar di Pura Tuluk Biyu, Kintamani, Bangli yang dipuput oleh Ida Pedanda Istri Patni Griya Satria Kawan Paksebali.(BB)