Pemkab Jembrana Pusatkan Peringatan Tumpek Wayang Secara Niskala di Pura Niti Praja

  29 April 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Hari Tumpek Wayang diperingati secara sekala dan niskala oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana. Kemarin secara sekala telah dilaksanakan kegiatan bersih-bersih di kawasan Pura Kembar desa Budeng, dan hari dilanjutkan dengan perayaan secara niskala dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Persembahyangan bersama di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana dipuput oleh Ida Ratu Gede Putra Kemenuh dari Griya Suka Taman Ketugtug yang diikuti langsung oleh Bupati Jembrana beserta Ibu, dan seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana, Sabtu (29/4).

Tumpek Wayang diperingati setiap Saniscara Kliwon wuku Wayang. Menurut kepercayaan, wuku Wayang dikenal sebagai hari yang mistis/keramat. Pemujaan saat Tumpek Wayang ditujukan kepada Sang Hyang Iswara melalui upakara terhadap pratima-pratima dan wayang, tetabuhan seperti gong, angklung, dan lainnya. Oleh karena itu, Tumpek Wayang sendiri juga dimaknai sebagai penghormatan terhadap seni.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengungkapkan melalui peringatan secara sekala dan niskala dimaksudkan untuk menjaga keharmonisan dan keseimbangan dalam menjalani kehidupan beragama dan bermasyarakat.

Peringatan Tumpek Wayang dimaknai dengan betul-betuk mendalam. Melalui upacara ini diharapakan keharmonisan dan keseimbangan dapat terjaga dengan baik bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana, I Made Tarma menjelaskan peringatan Tumpek Wayang kali ini dibagi menjadi dua yaitu secara sekala dan niskala. Dimana secara sekala sudah dilaksanakan kemarin. "Kemarin sudah dilaksanakan secara sekala, yaitu membersihkan sampah di Pura Kembar," ucapnya. 

Made Tarma menambahkan, hari ini peringatan hari Tumpek Wayang secara niskala dipusatkan di Pura Niti Praja Pemerintah Kabupaten Jembrana yang diikuti oleh Bupati Jembrana seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana. "Sekarang secara niskala dilaksanakan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja yang sudah berjalan baik," imbuhnya.