Pemkab Bangli Ngaturang Bhakti Nganyarin di Pura Mandala Giri Semeru Agung

  03 Juli 2018 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Humas Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli, Senin (2/7), ngaturang Bhakti Penganyar, serangkaian pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur. 
 
 
Rangkaian bhakti penganyar yang dipuput oleh Ida Pedanda Mas Dwijendra Putra dari Gria Baturiti, Tabanan Bali, juga diisi dengan sesolahan tari rejang yang ditarikan oleh Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Bangli.
 
Wabup Sedana Artha pada kesempatan itu mengatakan,  bakti penganyar merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Bangli setiap tahun, sebagai wujud bhakti kehadapan Ida Bharata Bhatari yang berstana di Pura Mandhara Giri Semeru Agung. 
 
Melalui bhakti penganyar ini, Wabup Sedana Arta berharap, "Ida Bhatara yang beristana di Pura Mandara Giri Semeru Agung memberikan keselamatan kepada seluruh umat serta memberikan tuntunannya, sehingga pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Bangli bisa berjalan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Bangli,” harapnya.
 
 
Pada kesempatan itu,  Wabup Sedana Arta juga menyampaikan rasa bangga terhadap keberadaan Pura Mandara Giri, mengingat Pura Mandara Giri memiliki peranan penting terhadap perjalanan umat Hindu di Bali dan Nusantara.  
 
Sementara itu Manggala Karya Edy Sumianto pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dan seluruh umat sedharma se-nusantara, karena sudah berpartisipasi ngaturang bhakti kehadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura Mandhara Giri Semeru Agung. 
 
“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh umat hindu sedharma, semogga melalui yadnya ini, Ida Bhatara memberikan keselamatan dan kesejahteraan untuk kita semua,” harapnya.
 
 
Ditambahkannya, bhakti penganyar hari ini (kemarin) dilaksanakan oleh oleh empat daerah, yakni Kabupaten Bangli, Probolinggo, Bondowoso dan Jember. (BB).