Pemerintah Pusat Bangga Denpasar Jadi Kota Pusaka Dunia

  28 Juli 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Kota Denpasar menjadi salah satu Kota di Indonesia yang masuk dalam jaringan Kota Pusaka Dunia yang memiliki Warisan Kota Pusaka. 
 
Pada Tahun ini Denpasar mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah pelaksanaan strategic meeting Organitation World Heritage City (OWHC) pada Agustus mendatang yang mendapatkan suport langsung Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan (Kemenko PMK)  RI. 
                                                                      
Pada Rabu (27/7/2016) Kemenko PMK melalu Deputi Kebudayaan mengundang Pemkot Denpasar untuk dapat hadir di Jakarta dalam pembahasan persiapan strategic meeting OWHC. Pertemuan tersebut dihadiri Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar didampingi Kadis Pariwisata Kota Denpasar Wayan Gunawan, Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar Dewa Made Ariawan dan Plt. Kadis Kebudayaan Ni Nyoman Sujati. 
 
Rapat dipimpin Deputi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK,  Haswan Yunaz diruang pertemuan Kemenko PMK di Jakarta yang juga dihadiri beberapa pejabat Kementerian serta tampak hadir Direktur Eksekutif Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Nanang Asfarinal yang menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan pertemuan OWHC di Kota Denpasar.
 
"Ini menjadi kebanggaan kita bersama Denpasar masuk dalam jajaran OWHC, dengan kegiatan saat ini yang menjadikan Denpasar sebagai pusat pertemuan strategic meeting OWHC," ujar Deputi Haswan Yunaz.
 
Lebih lanjut Yunaz juga mengapresiasi langkah Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara beserta  jajaran serta masyarakat Denpasar yang telah berkomitmen dalam menjaga, melestarikan berbagai warisan pusaka yang ada di Kota Denpasar.                                                  
Masuknya Denpasar dalam jaringan Kota Pusaka Dunia setelah Kota Solo bukan langkah yang mudah, namun menjadi tantangan dalam berbagai program pelestarian tersebut. Terdapat 21 negara yang masuk dalam anggota komite warisan dunia diantaranya Indonesia, Republik Korea, Jamaika, Filipina dan Vietnam. 
 
Word Heritage Commite adalah salah satu lembaga yang bernaung dibawah UNESCO yang bertugas untuk mengadakan persidangan dalam rangka penilaian usulan warisan dunia. Ia juga menjelaskan adapun manfaat dari masuknya Kota Denpasar dalam jaringan Kota Pusaka dunia diantaranya meningkatkan citra Indonesia dimata Internasional, mendapatkan perhatian badan Internasional, dan meningkatkan promosi pariwisata. Hal ini tentunya juga menjadi salah satu program Sustainable Development Goals 2030 sebagai Variable target yakni peningkatan upaya melindungi dan menjaga warisan alam dan budaya dunia.                                          
Disamping itu juga masuknya dalam jaringan Kota Pusaka Dunia menjadi salah satu kategori Pilar Kota Berkelanjutan 2015-2045 dengan mewujudkan kota layak yang aman dan nyaman, kota hijau dan kota cerdas."Kami harapkan kota-kota di Indonesia yang telah masuk dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia dapat melakukan studi banding dan bertukar pikiran dengan Kota Denpasar terkait dengan langkah-langkah yang telah dilakukan," ujarnya.
 
>> Sementara Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara mengatakan Pembahasan dan persiapan pertemuan OWHC Asian-Pasiffic yang diikuti 41 jaringan kota pusaka dari  9 negara yang akan di selenggarakan dari tanggal 7-10 Agustus mendatang di Hotel Bali Beach Sanur telah dilakukan. 
 
Pembahasan pertemuan juga telah melibatkan Sekretariat Regional OWHC Asian-Pasiffic, Ja-Hyun Jang hadir langsung di Kota Denpasar serta bersepakat dalam beberapa pembahsan pertemuan nanti pada Strategic Meeting yang akan membahas keterlibatan generasi muda atau Youth Networking untuk dapat memahami akan pentingnya pusaka budaya yang dimilikinya. 
 
Rai Iswara juga menjelaskan terdapat dua Kota di Indonesia yang masuk dalam jaringan Kota Pusaka Dunia yakni Denpasar dan Kota Solo, dengan masuknya dalam OWHC tersebut Denpasar telah siap melaksanakan pertemuan tingkat Internasional. Sehingga kami mengharapkan dukungan pemerintah pusat dan seluruh masayarakat Kota Denpasar dalam mensukseskan pertemuan yersebut. 
 
"Tidak hanya sekedar dalam kesuksesan acara, namun diharapkan tuan rumah Kota Denpasar dapat memberikan manfaat dalam pelestarian Kota-kota Pusaka Dunia," ujar Rai Iswara. (BB)