Pemerintah Diminta Proaktif, PSR: Kawal Jalur Distribusi, Sidak Pasar Kendalikan Harga Bahan Pokok

  14 Maret 2023 TOKOH Nasional

Foto: Anggota DPR RI Komisi VI, Putu Supadma Rudana (PSR).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Menjelang bulan suci Ramadhan pada akhir Maret nanti, Anggota DPR RI Komisi VI, Putu Supadma Rudana (PSR) mengkhawatirkan terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok. Untuk itu, PSR berharap kepada pemerintah agar lebih proaktif serta melakukan sidak pasar dan mengawal suplai kebutuhan pokok agar harga bahan pokok tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat sehingga ketersediaan pangan mencukupi.

"Jangan sampai kebutuhan pokoknya naik, inflasi tinggi, sehingga pemerintah harus segera turun melakukan sidak pasar agar masyarakat tidak terbebani lebih berat dengan harga kebutuhan pokok baik itu beras, cabe, bawang, telur maupun minyak goreng," kata PSR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

PSR juga menyatakan untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok ini pemerintah dapat melakukan sidak pasar, mengawal suplai kebutuhan pokok karena kalau suplai ini terhambat baik karena faktor cuaca atau lainnya, dipastikan harga akan ikut naik. 

"Jalur distribusi harus dikawal dengan baik sehingga distribusi kebutuhan pokok menjadi lancar. Kalau mis manajemen yang rugi itu masyarakat," terang PSR yang juga dikenal sebagai Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

Lebih jauh politisi asal asal Desa Peliatan, Ubud ini menyampaikan selain mengantisipasi harga kebutuhan pokok menjelang hari raya keagamaan terlebih akan memasuki bulan puasa, libur Lebaran Idul Fitri dan pasca liburan, pemerintah juga patut mengawasi jalur mudik dan arus balik agar tidak terjadi antrean atau kemacetan panjang kendaraan yang biasanya kerap terjadi di pelabuhan. 

"Pemerintah sudah harus memikirkan harga-harga tiket transportasi baik darat, laut dan udara tetap terjangkau masyarakat. Saya kira libur Lebaran nanti akan banyak saudara kita umat Islam yang akan mudik apalagi ini pandemi sangat terkendali nyaris nol kasus sehingga ini wajib diantisipasi pemerintah, manajemennya agar tidak menimbulkan kemacetan, harga tiket tidak terlalu mahal, jadi harus dikawal dengan baik," pinta Anggota Fraksi Partai Demokrat ini.

PSR yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) ini sangat berharap jelang bulan puasa, Idul Fitri, libur Lebaran dan pasca Lebaran, seluruhnya berjalan dengan lancar, tidak ada kegaduhan sosial baik yang disebabkan kenaikan harga kebutuhan pokok, harga tiket dan kondisi sosial lainnya di masyarakat.

"Kalau semua lancar, harga terkendali, masyarakat tentu akan merasa nyaman menjalani ibadah puasa, merayakan Idul Fitri tanpa harus dibebani oleh harga-harga yang melambung. Selamat memasuki bulan suci Ramadhan sekaligus saya secara pribadi menyampaikan mohon maaf lahir batin," pungkas PSR.(BB).