Pemberdayaan RT Miskin, Sukses Budidaya dan Produksi Nuget Ikan Lele

  07 Januari 2024 BISNIS Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Pemberdayaan Rumah tangga miskin di Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur mampu melakukan terobosan, untuk ketahanan pangan keluarga. Terobosan dilakukan dengan budidaya ikan lele dan mengolah menjadi makanan nugget siap saji, serta menjadi hidangan dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam program posyandu.

"Kami mengapresiasi budidaya ikan lele rumah tangga miskin Desa Kesiman Kertalangu yang telah mampu diolah menjadi nugget, serta menjadi salah satu hidangan PMT dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu,"  Ujar Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena sata dikonfirmasi pada, Minggu (7/1).

Lebih lanjut Suena menyampaikan bahwa Desa Kesiman Kertalangu terus memprioritaskan konsep ketahanan pangan sebagai upaya integral untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembuatan nuget lele menjadi salah satu program pemberdayaan rumah tangga miskin di Desa Kesiman Kertalangu. Nugget lele dipilih sebagai langkah konkret dalam mendukung program pemerintah Kota Denpasar untuk menurunkan angka stunting, karena ikan lele kaya nutrisi yang dapat mencegah stunting, serta makanan nugget menjadi pilihan menarik bagi anak-anak.

"Kegiatan ini tidak hanya berlangsung sekali, tetapi telah menjadi inisiatif berkelanjutan, serta sebagian hasil ketahanan pangan diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mencapai Rp 2.5 juta," ujarnya. (BB)