Pembatasan Kendaraan Sumbu 3 Berakhir, Truk Besar Dominasi Penyeberangan di Gilimanuk

  03 April 2024 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Pembatasan operasi kendaraan sumbu 3 yang diberlakukan untuk kelancaran arus mudik lebaran resmi berakhir hari ini. Pantauan awak media di Pelabuhan Gilimanuk menunjukkan bahwa kendaraan yang mendominasi masuk ke pelabuhan untuk menyeberang ke Jawa adalah truk besar.

Polres Jembrana dan instansi terkait lainnya telah melakukan berbagai persiapan untuk kelancaran arus mudik lebaran. Pos pantau lalu lintas di terminal kargo telah diresmikan oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto dan anggota Forkopimda Jembrana.

Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra juga melakukan kunjungan dan pemantauan di pelabuhan Gilimanuk pada Rabu siang. Kapolda Bali menegaskan bahwa pihaknya ingin memastikan arus mudik yang diprediksi lebih padat dari sebelumnya diantisipasi secara maksimal sehingga berjalan dengan aman dan pemudik bisa sampai dengan selamat.

"Kami berharap pelayanan ditingkatkan. Kita semua bisa bekerja secara humanis dengan mengarahkan kepada para pemudik sehingga tidak antri dan berjubel," jelas Kapolda. Rbu (3/4/2024)

Polda Bali mengerahkan 2000 personil untuk pengamanan arus mudik baik di Pelabuhan Padangbai, Bandara dan Gilimanuk serta tempat strategis lainnya.

Kapolda Bali menegaskan bahwa truk angkutan berat atau sumbu tiga harus sudah menyeberang dan dibantu kelancarannya malam ini.

"Malam ini harus sudah clear dan tidak ada lagi truk besar yang menyeberang. Karena yang diprioritaskan angkutan penumpang, sepeda motor dan kendaraan kecil," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa cara bertindak (CBT) untuk mengantisipasi berbagai situasi saat arus mudik. Selain itu sekitar 400 personel lebih disiagakan untuk memberikan pengamanan saat Lebaran.

"Sebanyak 400 lebih personel dikerahkan untuk memberikan pengamanan selama Lebaran. CBT ini disiapkan untuk situasi normal, padat, dan sangat padat," pungkasnya. (BB)