Pelaku Penembakan Dubes Rusia Adalah Mantan Polisi

  20 Desember 2016 PERISTIWA International

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Pria pelaku penembakan Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov, di tengah pameran fotografi di Ankara, Senin (19/12/2016), diketahui adalah seorang mantan polisi bernama Mevlut Mert Altintas.
 
Pria berusia 22 tahun itu diketahui menyamar sebagai petugas kepolisian untuk masuk ke dalam gedung pameran. Ia juga menyerahkan kartu identitas yang menunjukkan dirinya tergabung dalam satuan anti huru-hara Kepolisian Turki. Dalam kartu tersebut, ia tercatat sebagai lulusan Sekolah Polisi Izmir.
 
Kantor berita Rusia TASS, Selasa (20/12/2016), melaporkan bahwa Altintas adalah mantan anggota kepolisian yang sudah dipecat pasca kudeta militer di Turki beberapa bulan lalu.
  
Ia dianggap terlibat dalam Organisasi FETO pimpinan ulama terkemuka Turki, Fethullah Gulen. Organisasi tersebut dianggap sebagai organisasi teroris oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.
 
Dalam rekaman video yang dilansir CNN terlihat bahwa Altintas sempat melepaskan tembakan peringatan ke udara sebelum menembak Andrey Karlov.
 
Aksi tersebut tampaknya dilakukan sebagai bentuk protes sekaligus balas dendam atas kebijakan Rusia di Aleppo, Suriah. Tak lama kemudian, satuan pengamanan gedung berhasil menembak mati Altintas.(BB/inilah).