Parade Ogoh-ogoh TK/Paud Se-Jembrana Berlangsung Meriah Tampilkan 42 Peserta

  18 Maret 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Menyambut Hari Raya Nyepi Caka 1945, Pasikian Yowana Kabupaten Jembrana bersama Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) menggelar Parade Ogoh-ogoh TK/Paud Se-Kabupaten Jembrana bertempat di Simpang Surapati, Depan Kantor Bupati Jembrana, Jumat (17/3). Dipadati ribuan penonton, para siswa TK dan PAUD yang didampingi para guru serta orang tua siswa terlihat sangat antusias dan semarak dalam mengusung ogoh-ogoh.

Ditandai dengan pemukulan kul-kul Parade Ogoh- Ogoh TK/Paud Se-Kabupaten Jembrana Dibuka Bupati Jembrana yang diwakili Staf Ahli Bupati Jembrana Bidang Ekonomi Pembangunan Dan Keuangan Ni Nengah Wartini bersama Jajaran Forkopimda.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jembrana, saya menyambut baik kegiatan ini, yang bisa menuangkan imajinasi ataupun penanaman tentang arti sebuah kesucian, sejak dini," ucapnya, hal tersebut disampaikan Ni Nengah Wartini saat membacakan sambutan Bupati Jembrana.

Lanjut Ni Nengah Wartini mengatakan, selain sebagai ajang rekreasi, parade ogoh-ogoh  juga  dapat mengedukasi anak anak untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap seni dan budaya Bali. "Saya merasa bahagia sekali karena melihat perkembangan anak-anak kita yang mulai menyadari tentang penanaman dan pemahaman arti Budaya dan Agama yang mulai tumbuh kembang sejak dini pada anak-anak di Kabupaten Jembrana," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengucapkan ajang ini sebagai awal pengembangan kreativitas anak-anak pada budaya tradisi dan kearifan lokal dalam bentuk atraksi ogoh-ogoh. "Ini membuktikan bahwa anak-anak Jembrana juga bisa berkretifitas di kancah seni walaupun sebatas pengikut, semua ini awal pemahaman dalam menjaga Ajeg Bali, ini dibuktikan dengan memaknai arti dari ogoh-ogoh itu sendiri," ujar Ni Nengah Wartini.

Dilain sisi Ketua Panitia Ni Komang Cintya Nadia Putri mengatakan Parade Ogoh- Ogoh TK/Paud itu diikuti 36 TK/Paud Se-Kabupaten Jembrana.
"Sebanyak 2055 anak-anak dari 36 TK/Paud Se-Jembrana ikut berpartisipasi dalam parade ini dan menampilkan total 42 Ogoh-ogoh," terangnya.

Komang Cintya juga mengatakan tujuan terselenggaranya Parade Ogoh-Ogoh tingkat TK/Paud itu adalah untuk mengenalkan budaya dan tradisi kepada anak-anak sejak dini. “Tujuannya mengenalkan budaya dan tradisi kepada anak-anak sejak dini dan ini merupakan salah satu program pembelajaran pengembangan kreativitas anak-anak dengan konsep kebersamaan dan gotong royong," pungkasnya. (BB)