Orang Indonesia Ini Koleksi 24 Gelar dalam 15 Tahun! Berani?

  19 Agustus 2016 EKONOMI Nasional

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Lagi galau karena skripsimu tak kunjung selesai? Kamu harus berkenalan dengan Welin Kusuma, laki-laki asal Kendari yang sudah menyandang 9 gelar sarjana.Bahkan, tak cuma gelar sarjana, Welin juga punya 3 gelar master dan telah menjalani 12 pendidikan profesi. Total ada 24 gelar dan predikat yang disandangnya. Semuanya dilakukan dalam waktu 15 tahun. Wow!

 

Setelah menghabiskan masa kecil dan remaja di Kendari, Sulawesi Tenggara, Welin mulai menempuh studi di Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) pada 1999. Pada pertengahan kuliah, Welin mulai menyadari bahwa ia bisa belajar banyak hal dari teknik industri. “Dari situ, saya lihat, ternyata saya bisa belajar macam-macam dari teknik industri. Dari situ saya bisa belajar manajemen dan beberapa hal lain yang ingin saya ketahui lebih dalam. Jadi daripada sia-sia, saya tambah belajar, kuliah bidang lain juga,” terang Welin kepada CareerNewsbeberapa waktu lalu. 

 

Berangkat dari pemikiran tersebut, selagi masih menjalani kuliah di Ubaya, Welin pun mulai menjalani kuliah lain di beberapa kampus berbeda, mulai tahun 2001. Selain di Ubaya, ia juga berkuliah di STIE Urip Sumoharjo, Universitas Terbuka, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, dan Universitas Kristen Petra. Semuanya pada jenjang S1 di bidang manajemen, administrasi bisnis, hukum, teknik informatika, bahasa Inggris, administrasi publik, statistika, dan akuntansi.

 

Tak cukup S1, Welin pun juga mengambil beberapa program magister. Ia telah mendapatkan S2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (teknik industri) dan Universitas Airlangga (manajemen dan kenotariatan). Tak berhenti di S2, Welin menempuh lebih banyak lagi pendidikan profesional, antara lain meliputi perencana keuangan, brand development, manajemen produk, konsultan pajak, human resources, hingga akuntan.

 

Apabila kita menuliskan nama lengkap laki-laki kelahiran 8 Maret 1981 ini dengan seluruh gelarnya, kurang lebih akan tertulis Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos, SH, S.Kom, SS, SAP, S.Stat, S.Akt, MT, MSM, Mkn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA. Semua gelar tersebut diperolehnya sejak 1999 sampai 2014 dan masih akan terus bertambah.  Gelar-gelar inilah yang kemudian mengantarkan Welin menerima penghargaan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak.

 

Welin menempuh seluruh proses perkuliahan dan pendidikan tersebut selama 15 tahun. Hebatnya lagi, beberapa proses perkuliahan ia jalani dalam waktu bersamaan. Ia bahkan pernah menempuh 111 SKS dalam satu semester yang mengantarkannya meraih rekor MURI kedua.(BB/MURI)