Optimalkan Penggunaan Dana Desa, Desa Bontihing Gandeng UP2M Fakultas Teknik Unud Pembuatan Desain Kantor Desa

  09 Januari 2022 PENDIDIKAN Buleleng

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Singaraja. Unit Penelitian dan Pengabdian masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Udayana melaksanakan pengabdian masyarakat ke Desa Bontihing, Singaraja pada Tanggal 8 Januari 2022. Pada pengabdian kali ini, tim yang diketuai oleh Prof. Ir. Made Sukrawa, MSCE, Ph.D memfokuskan kegiatan pengabdian untuk pembuatan desain detail pembangunan Kantor Kepala Desa. 

Adapun detail pelaksanaan kegiatannya mulai dari tahap pengukuran lahan/site, pengambilan data daya dukung tanah dengan peralatan sondir dan bor, gambar pelaksanaan, perhitungan anggaran dan biaya (RAB). Pengambilan data tanah ini diperlukan untuk menentukan dalam dan ukuran pondasi bangunan tersebut.

Tim pengabdian merupakan gabungan Dosen dari empat Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknik yaitu Program Studi Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Keempat Program Studi yang terlibat ini memiliki pengalaman, kompetensi dan spesifik keilmuan yang diperlukan dalam mendesain pembangunan Gedung. 

Tim berangkat dari kampus Sudirman berjumlah 14 Orang yang terdiri atas 8 orang dosen dan 6 orang mahasiswa kemudian diterima langsung oleh Kepala Desa Bontihing. Sebelum terjun ke lapangan tim melakukan diskusi dengan perangkat Desa.

Dalam diskusinya Kepala Desa Bontihing, Gede Pawata menuturkan pembangunan kantor desa ini direncanakan menggunakan dana desa dari pemerintah pusat. Namun karena terbatasnya dana yang ada maka perencanaan detail bangunan ini memohon bantuan Fakultas Teknik Universitas Udayana yang memang memiliki kompetensi di bidang tersebut. 

Bak gayung bersambut surat permohonan yang dikirimkan dari Desa Bontihing disambut baik oleh Dekan Fakultas Teknik, Ir. I Ketut Sudarsana, S.T.,Ph.D yang kemudian melalui UP2M langsung membentuk tim gabungan pengabdian masyarakat. 

Tim yang melaksanakan pengabdian ke Desa Bontihing juga menyertakan mahasiswa dan membawa beberapa peralatan laboratorium berupa alat sondir dan bor dari Laboratorium Mekanika Tanah. Peralatan ini berfungsi untuk mendapatkan daya dukung tanah pada setiap interval kedalaman tertentu (misal setiap 1 meter, 2 meter, dan seterusnya). 

Penyertaan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat bertujuan untuk menambah kompetensi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari bangku kuliah kedalam kehidupan nyata. Pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan manfaat nyata pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Fakultas Teknik Universitas Udayana kepada Masyarakat. Sumber: http://www.unud.ac.id (BB).