Operasi Pasar Murah di Kelurahan Sumerta, Upaya Atasi Inflasi

  06 Oktober 2022 EKONOMI Denpasar

Ket poto : Wali Kota Jaya Negara tinjau Pasar Murah di Kelurahan Sumerta

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Denpasar. Pelaksanaan Operasi Pasar pada Kamis (6/10) menyasar warga Kelurahan Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur. Kebutuhan pangan seperti cabai, tomat, sayur mayur, telor, beras hingga minyak dapat dibeli warga di Operasi Pasar dengan harga yang lebih murah dari harga pasar.

Seperti cabai rawit 1 Kg di pelaksanaan Oeprasi Pasar seharga Rp. 31 ribu, bawang merah Rp. 22 ribu pe Kg, bawang putih Rp. 20 ribu per Kg, cabai besar Rp. 30 ribu per Kg, dan tomat 3000 per Kg. Tampak antusias warga kelurahan setempat sejak pagi telah berbelanja dan memadati di Operasi Pasar untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. 

Wali Kota Jaya Negara di sela-sela kegiatan meninjau pelaksanana Operasi Pasar menyampaikan bawah skema persiapan operasi pasar telah dilakukan Perumda Pasar Sewakadarma bekerjasama dengan daerah lain yang menjadi penghasil komoditas, sehingga harga dapat lebih murah. 

"Dengan sinergitas ini, harapan kami bersama  dapat melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi serta diarahkan pada tercapai ketersedian pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif sesuai dengan roadmap TPID Tahun 2022-2024,” ujar Wali Kota Jaya Negara yang hadir bersama Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan didampingi Kadis Perindag Nyoman Sri Utari, Dirut Perumda Pasar IB. Kompyang Wiranata, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai serta  Camat Denpasar Made Tirana.

Sementara Kadis Perindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari menyampaikan dalam pelaksanaan operasi pasar ini pihaknya melakukan sinergitas bersama Tim TPID,  Perusahaan Daerah Pasar Sewakadarma hingga Bulog. Disamping itu dalam menggairahkan UMKM yang ada di kelurahan setempat juga dilibatkan seperti kuliner, hingga produk dupa. Disamping itu, pelaksanaan operasi pasar sesuai imbauan pemerintah pusat serta arahan dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar agar pelaksanaan operasi pasar yang digelar di desa/kelurahan secara bergiliran.

Lebih lanjut disampaikan operasi pasar memfasilitasi masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan harga terjangkau. Seperti bawang merah, bawang putih, minyak goreng, cabai, telur, hingga beras yang lebih murah dari harga di pasar.  Pelaksanaan operasi pasar kali ini dilaksanakan di Kelurahan Sumerta yang dipusatkan di Balai Banjar Abiankapas Kelod, dan di Desa Dauh Puri Kauh yang dipusatkan di Wantilan Pura Tegeh Gumi. "Kami di Pemkot Denpasar memberikan subsidi sewa angkut transportrasi pengiriminan komoditi sehingga bisa menjual lebih murah dari harga di pasar," ujarnya. (Rls/BB)