Olahraga Dansa Target Lahirkan Atlet Berprestasi Internasional

  29 Mei 2016 OLAHRAGA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Gubernur Bali made Mangku Pastika menyambut positif dipilihnya Bali sebagai tuan rumah kejuaraan nasional remaja olahraga dansa tahun 2016. Ia berharap kegiatan ini menjadi salah satu upaya meningkatkan pembinaan serta upaya melahirkan bibit-bibit atlet dance sport atau olahraga dansa  baik pada tingkat nasional maupun internasional. 
 
Hal itu terungkap dalam sambutan Gubernur Bali yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta pada Pembukaan Kejurnas Remaja V Dance Sport Tahun 2016, di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Sabtu (28/5/2016).
 
Gubernur Bali juga mengungkapkan bahwa kegiatan kejurnas yang diselenggarakan oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Bali ini, juga sebagai momentum evaluasi integral dari upaya pembinaan olahraga dansa di tingkat remaja atau sebagai titik kulmulasi dari upaya pembinaan secara menyeluruh, mulai dari pembangkitan minat, pemaduan bakat, seleksi dan kompetinsi serta pembinaan yang berkesinambungan sampai pada pencapaian prestasi puncak.  
 
Oleh karena itu, Gubernur mengajak seluruh pengurus IODI Bali untuk dapat bersama-sama mencurahkan perhatian dan dukungan untuk dapat meraih prestasi tertinggi pada even olahraga dance sport baik di tingkat Nasional maupun Internasional. 
 
Menurutnya, dalam sistem pembinaan olahraga, dimana olahragawan tingkat remaja adalah kelompok pelajar umum yang berada pada strata paling bawah dalam analogi piramida, yang tersimpan potensi olahragawan paling besar yang nantinya diharapkan akan mampu menjadi andalan pelapis atlet elit, sehingga kelompok remaja meupakan massa strategis dalam konteks pembinaan olahraga. 
 
Untuk itu, olahraga di tingkat remaja perlu mendapatkan perhatian khusus dari seluruhb stakeholder pembina dan pengembang olahraga. Pastika juga berharap, pada kejuaraan kali ini para atlet dapat berkompetisi dengan sportif dan mengedepankan nilai kejujuran untuk meraih sebuah juara agar dapat memberikan kualitas yang baik dalam olahraga itu sendiri. 
 
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IODI Heru Sutanto, mengungkapkan bahwa cabang olahraga dancesport telah berkembang sangat pesat di Indonesia dengan meraih berbagai prestasi yang membanggakan di tingkat Internaisonal. Menurutnya kejurnas, tersebut merupakan ajag membinaan dan seleksi atlet dancesport tingkat nasional, yang diharapkan dapat berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja nantinya. Ia berharap, cabang olahraga ini dapat terus dikembangkan dengan maksimal sehingga dapat mengukir prestasi pada kejuaraan-kejuaraan Nasional maupun Internasional nantinya.
 
Ketua Panitia Kejuaraan Nasional Remaja V Dancesport Ni Made Suparmi, melaporkan bahwa kejurnas kali ini diikuti oleh 273 orang atlet dari 7 provinsi dari seluruh Indonesia diantaranya adalah; Provinsi Bali mengirim 156 atlet, Provinsi Jawa Timur mengirim 10 atlet, Provinsi DI Yogyakarta 34 atlet, Provinsi Klaimantan Tengah 6 atlet, Provinsi Kalimantan Timur sejumlah 32 atlet, Provinsi Sumatra 6 atlet, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat sejumlah 29 atlet dan para atlet tersebut akan mempertandingkan 25 kategori. Ia berharap dengan hasil akhir dari kejurnas ini, mampu melahirkan para pedansa  yang kompeten.
Hadir pula dalam kesmepatan tersebut, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Bali Anak Agung Geriya, Perwakilan KONI Provinsi Bali, serta undangan lainnya.(bb)