Ny. Sagung Antari Jaya Negara Tutup Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Tim Penggerak PKK 

  13 Oktober 2022 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Tim Penggerak PKK bagi Ketua dan Sekretaris Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kota Denpasar dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa / Kelurahan se Kota Denpasar resmi ditutup Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Gedung Wanita Shanti Graha Denpasar Kamis (13/10). Acara ini juga dihadiri Istri Wakil Walikota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Sebelum ditutup semua peserta mengikuti sosialisasi dari 3 narasumber  yakni Nena Mawar Sari dari Psikolog Klinis dan Hipnoterapis Remaja Dewasa, Ni Nyoman Sri Utari Sekretaris TP PKK Kota Denpasar dan Desak Nyoman Triarsini dari BKKBN.

Dalam kesempatan ini Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan Peningkatan Kapasitas ini merupakan peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga pengurus PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan bisa memahami fungsi dan perannya sesuai dengan maksud dan tujuan PKK. Yakni memberikan pedoman atau panduan dalam pengelolaan kelembagaan dan program PKK secara berjenjang dari pusat sampai dengan daerah, Desa/Kelurahan hingga lapisan terbawah. Sebagai panduan agar pelaksanaan dan pengelolaan kelembagaan dan program PKK di tingkat daerah sampai lapisan terbawah dapat mencapai tujuan 10 program pokok PKK secara maksimal dan optimal.

"Melalui kegiatan peningkatan kapasitas  ini kita samakan persepsi sehingga seluruh Pengurus PKK dapat memahami tugas, peran dan fungsinya,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

 Mengingat kegiatan ini juga untuk  menambah wawasan, maka kedepannya  diharapkan mampu  mengisi diri dalam menjalankan setiap program PKK di masyarakat.  Selain itu  Ketua TP. PKK Kecamatan , Desa dan Kelurahan terus bergerak sebagai mitra Pengurus TP. PKK Kota Denpasar dalam menindaklanjuti berbagai isu - isu strategis serta berinovasi menghasilkan program - program kerja yang memberikan dampak positif kepada masyarakat .

Salah satu isu strategis gerakan PKK yang saat ini menjadi tugas gerakan PKK adalah bagaimana PKK dapat berperan secara aktif dalam upaya percepatan penurunan angka stunting. Selain itu melalui gerakan PKK secara berjenjang diharapkan PKK menjadi penggerak dan pelopor  gerakan pemberdayaan masyarakat melalui upaya yang bersifat kreatif dan inovatif.

 Sekretaris TP PKK Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, Gerakan PKK  diharapkan dapat menumbuh kembangkan sikap dan perilaku, kemandirian, pribadi,keluarga dan masyarakat agar selalu memiliki kesiapan dan landasan kuat dalam menghadapi berbagai perubahan seiring dengan perkembangan zaman.  Untuk itu PKK Kota Denpasar, kecamatan, desa/kelurahan/dusun/lingkungan/dasa wisma harus memiliki buku wajib dan buku tambahan. Buku wajib adalah Buku Anggota Tim Penggerak PKK, Buku Agenda Surat/Keluar, Buku Keuangan, Buku Inventaris, Buku Kegiatan dan Buku Notulen. Sedangkan  Buku Tambahan adalah Buku Tamu, Buku Daftar Hadir, Buku Program Kerja, Buku Data Kader Umum dan Kader Khusus dan Buku Jumlah Kader Khusus.

Psikolog Klinis dan Hipnoterapis Remaja Dewasa Nena Mawar Sari menambahkan, peran PKK sangat penting untuk itu dalam Peningkatan Kapasitas pihaknya memberikan materi tentang kesehatan mental. Hal itu karena perempuan lebih rentan mengalami kesehatan mental karena multitasking, tuntutan, Kerentanan. “Peran PKK adalah memberikan pelayanan kesehatan sampai ke dasa wisma maka penting diberikan pemahaman tentang kesehatan mental,” jelasnya.  (Rls/BB)